5 Syarat Menjadi Pengemudi Terampil

Menjadi Pengemudi Terampil

Kepribadian ternyata ikut menentukan kualitas dan keterampilan seorang pengemudi. Pengemudi atau bahasa Inggrisnya driver adalah orang yang mengemudikan kendaraan bermotor. Persoalannya, bagaimana menjadi pengemudi yang baik dan sopan?

Syarat Menjadi Pengemudi Terampil

Menjadi pengemudi terampil berkaitan dengan keselamatan diri sendiri serta orang lain. Seidaknya, ada 5 syarat. Bila Anda mampu mengaplikasikan 5 syarat ini, Anda akan merasakan sensasi mengemudi yang luar biasa. Sebera pun jauhnya jarak yang Anda tempuh, Anda tak akan penat. Berikut 5 syarat yang patut Anda simak.

1. Bertanggung Jawab

Anda harus menunjukkan perhatian penuh pada keselamatan diri sendiri, penumpang dan pengguna jalan lainnya. Tanamkan di hati kecil Anda. Bahwa tanggung jawab terhadap keselamatan adalah segalanya.

Anda harus memahami batas-batas mengemudi yang aman. Sebaiknya, pelajari spesifikasi mobil yang Anda pakai berikut performa maksimal perangkat yang digunakan. Ingat, setiap kendaraan memiliki karakter.

 2. Konsentrasi

Saat memasuki kendaraan, bersiaplah konsentrasi penuh, tapi jangan tegang. Pastikan tak ada masalah yang bakal memecah konsentrasi Anda. Sedikit saja ada gangguan, bisa mendatangkan malapetaka.

Anda juga harus cepat menganalisis kondisi lalu lintas di depan, agar bisa memperoleh suasana yang lebih santai. Karena itu, bila Anda mempunyai masalah berat dikantor ataupun dirumah yang belum terpecahkan, lebih baik manfaatkan jasa sopir.

3. Antisipasi

Kemampuan memprediksi, adalah bagian dari keterampilan mengemudi. Pengemudi mestinya tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi kondisi darurat. Misalnya ban pecah, rem blong, dan sebagainya.

Kemampuan antisipasi juga ditunjang oleh perhitungan matang. Antisipasi juga berkaitan dengan daya refleks. Karena itu, dianjurkan tidak mengemudi pada kondisi fisik lelah maupun mengantuk.

4. Kesabaran

Dijalan, bersikaplah sabar dan kendalikan emosi. Terlebih kalau mendapati pengemudi lain berbuat kesalahan. Jangan terpancing mengikutinya. Ini mungkin hal yang berat, tapi sekaligus menunjukkan kalau Anda adalah pengemudi yang patut menjadi contoh teladan. Dengan bersabar, Anda akan lebih percaya diri, hati lebih tenang dan perjalanan pun makin nyaman.

5. Percaya Diri

Selalu tanamkan, Anda mampu mengemudi dengan baik dan benar serta mematuhi peraturan lalu-lintas. Memastikan mobil dalam kondisi laik-jalan juga salah satu upaya mendorong kepercayaan diri.

Yakinlah, semua ilmu mengemudi yang pernah diajarkan kepada Anda akan bermanfaat saat praktek di jalan tanpa disertai percaya diri.

 

Syarat Menjadi Pengemudi Terampil

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.