Cara Benar Mengendarai Motor Harley Davidson

Mengendarai Motor Harley Davidson

Kanal Otomotif. Mengendarai motor besar seperti Harley Davidson sepertinya menjadi impian bagi sebagian biker pria. Bagi sebagian yang lain, ada ketakutan tertentu saat mengendarai sepeda motor dengan bobot dan tenaga yang jauh berbeda dengan sepeda motor pada umumnya.

Cara Benar Mengendarai Motor Harley Davidson

Padahal, akan sangat berbahaya bagi seorang pemula untuk berkendara tanpa harus berlatih sebelumnya. Bagi anda yang bercita-cita mengendarai motor besar suatu saat nanti, berikut cara Mengendarai Harley Davidson yang perlu Anda perhatikan terutama bagi para pemula.

Pilih Model Harley Davidson yang Tepat

Tips pertama adalah memilih model Harley Davidson yang kecil terlebih dahulu karena lebih ringan. Hal tersebut dilakukan karena tidak sembarang orang bisa langsung membawa motor besar (moge) seperti Harley Davidson ke jalan raya.

Sebagai pemula yang baru pertama kali mengendarai sepeda motor, bisa memilih Harley Davidson yang berkapasitas 500 cc. Cobalah berkendara di kota untuk mengidentifikasi karakternya. Setelah itu, anda juga bisa mencoba tur jarak dekat agar lebih mantap. Jika anda sudah menguasai handling motor 500 cc, maka anda bisa naik kelas ke Harley Davidson 1000 cc ke atas.

Perhatikan Posisi Duduk

Cara mengendarai motor Harley yang kedua adalah dengan memperhatikan posisi duduknya. Meski berukuran besar, motor dengan bodi besar ini telah didesain sedemikian rupa agar pengemudi mendapatkan posisi duduk yang nyaman agar lebih leluasa saat berkendara.

Coba naik dari sisi kiri, lalu duduk tegak dengan paha menempel di tangki mesin. Selain membantu mengendalikan motor, posisi ini akan membantu anda agar terhindar dari rasa lelah. Selain itu, pastikan saat duduk posisi kedua kaki benar-benar menyentuh lantai dan tangan sedikit ditekuk saat memegang setang.

Kuasai Teknik Belok

Mengendarai Harley Davidson berbeda dengan sepeda motor pada umumnya. Salah satu teknik berkendara yang perlu anda kuasai sebelum menggunakan moge adalah teknik belok. Asal tahu saja, kebanyakan stang moge punya radius putar kecil. Lebih dari itu, perlu juga Anda ketahui bahwa sebuah moge sekelas Harley Davidson mampu menempuh tikungan silang mencapai 90 derajat dengan kecepatan 0-60 km perjam dengan motor di gigi satu dan kopling tidak ditarik.

Pertahankan Jarak Pengereman

Menjaga jarak pengereman merupakan cara mengendarai motor Harley selanjutnya yang perlu anda perhatikan. Mengingat Harley Davidson memiliki bodi dan tenaga yang besar, maka perlu memperhatikan jarak pengereman agar motor berhenti dengan sempurna di waktu yang tepat.

Gunakan Savety Gear

Setiap pengendara tentunya wajib membekali dirinya dengan sejumlah perlengkapan keselamatan seperti helm. Namun untuk mengendarai sepeda motor layaknya Harley Davidson, anda perlu membekali diri dengan perlengkapan yang lebih banyak karena risikonya lebih besar dari pada sepeda motor biasa.

Pahami Cara Mengendarai Moge

Sepeda motor besar seperti Harley Davidson dapat memiliki berat hingga 400 kg. Karenanya, anda tidak bisa menyamakannya dengan sepeda motor lain. Untuk memperkuat motor ini, anda membutuhkan banyak tenaga. Jika ingin meluruskan Harley Davidson anda, pertama-tama luruskan setang ke posisi normalnya, lalu dorong berlawanan arah dari posisi miring motor.

Itulah cara Mengendarai Harley Davidson untuk pemula yang bisa anda praktekkan. Sekali lagi berhati-hatilah saat mengendarai sepeda motor di jalanan karena dibutuhkan konsentrasi berkendara yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Mengendarai Motor Harley Davidson

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *