Penyebab Motor Sering Mogok

Ketahui Penyebab Motor Sering Mogok dan Solusinya

Kanal Otomotif. Sepeda motor mungkin sering merasa bingung kenapa motor yang mereka kendarai, tiba-tiba terhenti. Selain itu sebenarnya jika Anda sudah mengetahui masalah utamanya. Bagaimana solusi untuk mengatasi hal ini. Bagi para pengguna motor jangan bingung karena pada artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap.

Penyebab Motor Sering Mogok

Berikut beberapa penyebab kerusakan motor dan solusinya bagi anda.

Mesin Terlalu Panas

Masalah Motor Sering Mogok, pertama terjadi pada mesin. Sehingga menyebabkan kondisi motor tiba-tiba mati, hampir semua orang tahu mesinnya kepanasan atau kepanasan. Ini pasti akan menyebabkan pemogokan.

Apalagi jika Anda memaksa mesin agar motor tetap berjalan, terkesan ngambek karena sistem pembakaran atau gesekan antara piston dan liner terlalu panas. Hal ini menyebabkan kondisi mesin mengalami kenaikan temperatur yang drastis yang mengakibatkan pengeboran piston dan liner macet.

Solusinya tentunya dengan mengistirahatkan motor agar tidak dipakai lebih dari 1 jam jika hal ini terjadi berulang kali. Sebaiknya hubungi bengkel atau berkonsultasi dengan mekanik tentang kondisi mesin Anda. Apakah benar mesin motor Anda masih dalam keadaan sehat atau memang harus diganti.

Bahan Bakar Salah

Selain itu, penyebab paling umum dari pemogokan adalah pilihan bahan bakar yang salah. Tak bisa dipungkiri, masyarakat Indonesia kerap ngotot untuk menggunakan BBM. Dengan harga yang sangat murah. Padahal sepeda motor sebenarnya tidak bisa mengonsumsi bahan bakar itu. Banyak orang yang tidak tahu bahwa menggunakan bahan bakar bisa menyebabkan motor macet. Apalagi tiba-tiba.

Apa Saja Penyebab Motor Sering Mogok dan Solusinya?

Oli Mesin

Ini sering menjadi penyebab utama sepeda motor rusak. Karena adanya oli mesin yang sudah lama tidak diganti, solusi termudah. Tentunya dengan mengganti oli mesin secara rutin terutama sebulan sekali. Oli mesin memiliki umur pakai sehingga Anda harus menggantinya secara teratur.

Jika sudah mengganti oli maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Pada akhirnya masalah akan menyebar ke bagian lain. Berfungsi dengan sendirinya membantu menghilangkan setiap komponen, sehingga menjadi lebih mudah untuk dijalankan.

Katupnya Salah

Munculkan hal lain yang biasa terjadi pada motor. Karena pengaturan klep yang salah, penyebab motor berhenti sering terjadi. Apalagi bagi anda yang sering ke bengkel tidak resmi. Biasanya klep yang terlalu kencang atau tidak pas membuat motor mati dan mesin berhenti terus menerus.

Agar mesin cepat panas atau overhead cara yang paling mudah yaitu dengan menyarankan untuk mengikuti setting yang ada di pabrikannya, atau menyarankan menggunakan bengkel resmi motor yang anda gunakan. Saat menyetem mesin juga harus dingin dan tidak digunakan, atau baru saja menempuh perjalanan yang sangat jauh. Sebaiknya dibawa ke bengkel agar posisi klep bisa terpasang dengan baik dan tentunya tidak akan menimbulkan masalah lain.

Filter Motor

Masalah terakhir adalah kecelakaan motor Biasanya terjadi karena adanya filter udara yang cukup kotor, perlu diperhatikan bahwa fungsi filter udaranya sangat besar. Seperti penyaringan dan juga membantu menjaga kotoran dan debu agar tidak bercampur.

Adanya filter filter ini jelas membantu motor untuk berjalan dengan baik namun komponen ini tidak akan bisa berjalan. Jika anda malas membersihkannya, hal ini justru akan membuat motor semakin macet dan mesin tidak bisa bekerja dengan baik. Sekian ulasan tentang penyebab Motor Sering Mogok, semoga bermanfaat.

 

Ketahui Penyebab Motor Sering Mogok dan Solusinya

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *