Cara Parkir Mobil di Tanjakan atau Turunan

Parkir Mobil di Tanjakan atau Turunan

Cara parkir mobik di tanjakan atau turunan tentu berbeda dengan parkir di tempat yang rata. Kalau mobil kita parkir di tempat yang rata maka tidak ada kemungkinan mobil akan merosot turun karena kemiringan tempatnya.

Lalu bagaimana cara untuk parkir mobil di tanjakan atau turunan yang aman? Silahkan gunakan tips berikut.

Parkir Mobil di Tanjakan atau Turunan

Prinsip dari pengereman mobil di tanjakan dan turunan adalah mencegah terjadinya kecelakaan karena mobil yang seharusnya berhenti di tempat parkir ternyata bergerak karena tarikan gaya gravitasi.

Apabila mobil bergerak ke arah jalan kosong atau tidak ada pengguna jalan lain tentunya akan memberikan potensi terjadinya kecelakaan yang lebih rendah dibandingkan apabila mobil bergerak ke arah lalu-lintas yang padat.

Untuk cara parkir yang aman adalah :

Parkir di Tepi Jalan

Apabila terdapat trotoar di tepi jalan tanjakan atau turunan dimana kita akan parkir, maka parkirkan kendaraan sedekat mungkin dengan trotoar tersebut. Setidaknya ban berjarak 10 cm dengan trotoar.

Apabila tidak ada trotoar, parkirkan mobil sedekat mungkin dengan tepi jalan tetapi tetap memperhatikan kekuatan jalan di tepi tersebut. Hindari parkir di jalan yang sudah ada tanda-tanda retak atau longsor.

Apabila tidak ada trotoar yang dapat kita manfaatkan, kita dapat menggantinya dengan batu untuk mengganjal agar mobil tidak bergerak.

Gunakan Hand Brake

Hand brake atau rem tangan membantu untuk mencegah mobil bergerak karena kondisi jalan yang menurun atau menanjak.

Untuk memperkuat tahanan mobil, selain menggunakan hand brake, kita juga menambahkan dengan memasukkan persneling ke gigi R atau mundur apabila kita parkir di turunan. Atau memindahkan persneling ke gigi 1 apabila kita parkir di tanjakan.

Arah Kemudi

Belokkan roda kemudi ke arah kiri atau ke arah yang aman. Hal ini bertujuan agar apabila terjadi tarikan atau dorongan atau benturan yang keras sehingga mobil bergerak, maka mobil akan bergerak ke arah yang aman. Arah yang tidak ada pengguna jalan yang lain atau setidaknya lebih kecil potensi terjadi kecelakaan.

Periksa kondisi roda mobil, apakah sudah benar-benar belok ke arah yang aman.

Demikian langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah mobil bergerak pada saat parkir. Sehingga kita dapat parkir mobil di tanjakan/turunan dengan aman dan meninggalkan mobil di tempat parkir dengan tenang. Silahkan di coba.

 

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.