Cara Kerja Rem Cakram Mobil

rem cakram mobil

Cara kerja rem cakram berbeda dengan cara kerja rem teromol, walaupun secara prinsip, keduanya menggunakan gaya yang sama untuk mengurangi kecepatan yaitu gaya gesek. Pada sistem rem cakram, gaya gesek yang digunakan untuk mengurangi kecepatan adalah gaya gesek antara kampas rem (brake pad) dengan piringan rem (disc brake rotor). Berikut cara kerja rem cakram mobil dalam penjelasan yang lebih detail.

Komponen Rem Cakram Mobil

Komponen-komponen utama dari sistem rem cakram adalah :

  • Disc brake caliper
  • Disc brake pad atau kampas rem
  • Disc brake rotor atau piringan rem
  • Piston
  • Fluid atau minyak rem

Cara Kerja Rem Cakram Mobil

Pada saat mobil bergerak maka piringan rem akan mengikuti pergerakan roda. Karena keduanya disatukan dengan poros yang sama maka kecepatan berputar piringan rem dan roda adalah sama. Menghentikan pergerakan piringan roda sama dengan menghentikan pergerakan roda.

Proses pengereman di awali pada saat kita menekan pedal rem. Kemudian gaya tersebut akan diteruskan mulai dari pedal rem melalui jalur rem hingga mencapai piston pada kaliper rem. Piston tersebut akan mendorong kampas rem hingga bergesekan dengan piringan rem. Dengan konstruksi pada kaliper maka kampas rem di sisi lain juga akan bergerak hingga bergesekan dengan piringan rem. Sehingga kedua kampas rem tersebut menjepit piringan rem.

Gaya gesek yang terjadi akan menghambat putaran dari piringan rem dan sekaligus akan mengurangi kecepatan putar dari roda, sehingga kecepatan terus berkurang dan akhirnya roda berhenti.

Celah rem atau celah antara piringan rem dan kampas rem akan disesuaikan secara otomatis oleh penutup piston (karet) jadi tidak perlu di setel dengan tangan. Pada saat pedal rem di lepas maka piston akan kembali ke posisi semula sebelum ditekan karena karet akan kembali ke bentuk semula seperti sebelum pedal rem ditekan.

Kelima komponen tersebut harus berfungsi dengan baik, karena apabila terjadi gangguan pada salah satunya maka dapat menyebabkan proses pengereman menjadi gagal atau tidak optimal.

Film animasi cara kerja rem cakram atau disc brake pada mobil.

Demikian cara kerja rem cakram pada mobil. Semoga bermanfaat.

 

Cara Kerja Rem Cakram Mobil

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.