Corvette ‘Primitif’ Generasi Pertama Dilelang

Chevrolet Corvette 1953

SETELAH 58 tahun Chevrolet Corvette pertama kali dibuat, model ini telah menjadi sebuah ikon Amerika. Akan tetapi hal itu tidak terjadi pada Corvette generasi pertama. Pasalnya kendaraan ini tidak merepresentasikan kualitas Chevrolet.

Sekilas Chevrolet Corvette

Chevrolet Corvette generasi pertama diperkenalkan pada akhir tahun 1953 sebagai mobil pameran General Motors Motorama di Waldorf-Astoria Hotel New York. Generasi ini sering disebut sebagai model “solid-axle” ( suspensi belakang independen tidak diperkenalkan sampai generasi kedua).

Pada saat itu, General Manager Chevrolet Thomas H. Keating mengatakan bahwa kesiapan produksi masih membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun.

Antusias masyarakat terhadap mobil tersebut cukup menarik minat General Manager untuk memproduksi Chevrolet Corvette masal agar dapat dijual ke publik. Produksi pertama dilakukan pada 30 Juni 1953 dalam skala terbatas.

Tiga ratus konvertibel Corvette buatan tangan yang diproduksi tahun 1953, semuanya memiliki warna Polo White, untuk model. Barulah untuk model tahun 1954 dapat dipesan dalam warna Pennant Blue, Sportsman Red, Black, atau Polo White.

Model tahun 1953, 1954, dan 1955 adalah satu-satunya Corvette yang dilengkapi dengan versi 235 cu in (3,9 L) dari Blue Flame inline-enam generasi kedua dengan tenaga 150 hp (112 kW; 152 PS).

Corvette ‘Primitif’ Generasi Pertama

Generasi pertama disebut sebagai Corvette ‘Primitif’. Mengapa demikian? Pasalnya Corvette pertama ini merupakan mobil buatan tangan yang dibangun di dalam sebuah garasi di Flint, Michigan. Fiturnya dianggap terlalu sederhana dan tidak bisa diterima secara komersial.

Bagaimana tidak. mobil sport primitif ini banyak kekurangannya. Tidak memiliki spion samping dan jendela samping bahkan tidak memiliki gagang pintu di luar. Selain itu ia dibekali mesin 6 silinder bertenaga kurang dari 150 hp yang tidak terlalu kencang.

Diler-diler Chevrolet kerap kali menawarkan diskon bagi Corvette generasi awal ini dengan tujuan agar kendaraan ini segera hengkang dari showroom mereka karena dianggap hanya membuat ruang menjadi sempit.

Namun saat ini mobil-mobil itu masuk dalam daftar barang yang paling dicari oleh para kolektor terkait sejarahnya. Dan bagi yang beruntung, rumah lelang RM Auction akan menawarkan Corvette generasi pertama bernomor sasis lima dan merupakan salah satu Corvette pertama dari tiga yang dijual ke masyarakat umum.

Kendaraan klasik ditawarkan pada kegiatan yang digelar oleh RM Auction di Phoenix, Arizona pada 20 Januari 2012. Ini bukan hanya sebagai Corvette kelima dari Corvette generasi pertama yang pernah dibuat, ia juga dibuat di atas rangka nomor 10. Itu berarti, mobil ini adalah mobil konsep awal yang pernah dipajang di gelaran pameran GM Motorama.

Kendaraan ini terjual kepada pemilik pertamanya pada bulan Juli 1953 dan beberapa kali berpindah tangan selama beberapa tahun. Ia kemudian dibeli oleh pemilik saat ini pada tahun 1997 yang mendanai biaya restorasi selama lima tahun agar tampilannya kembali seperti baru.

Saat ini sekitar 200 unit Corvette 1953 yang masih eksis dari 300 unit yang diproduksi. Mobil Corvette yang dibangun pertama kali ini merupakan mobil yang paling diidam-idamkan oleh para kolektor.

Diperkirakan, nilai mobil bernomor sasis lima ini ada di kisaran US$450 ribu hingga US$650 ribu (sekitar Rp4,096 hingga 5,916 miliar). Akan tetapi mungkin bisa melebihi nilai itu karena ini adalah bagian dari sejarah Corvette, sejarah ikon Amerika.

Generasi kedelapan Chevrolet Corvette (C8)

Saat ini Chevrolet Corvette telah berproduksi di generasi ke delapan. Corvette C8 adalah Corvette produksi pertama yang memiliki konfigurasi mid-engine belakang. Ini juga merupakan mobil produksi bermesin tengah belakang pertama GM sejak Pontiac Fiero 1984 . Ditenagai oleh V8 6,2 liter yang disedot secara alami yang disebut LT2, mesin ini menghasilkan 495 tenaga kuda dan torsi 470 lb/ft bila dilengkapi dengan paket kinerja Z51.

Chevrolet Corvette
Chevrolet Corvette C8

C8 adalah Corvette pertama yang ditawarkan tanpa transmisi manual, sedangkan convertible adalah Corvette pertama dengan hardtop yang dapat ditarik. Pada Januari 2020, mobil Corvette C8 menjadi kendaraan amal termahal yang terjual minggu itu di lelang Barrett-Jackson, terjual seharga $3 juta.

Model Corvette 2020, baik konfigurasi coupe dan konvertibel dari model dasar Stingray memulai debutnya dalam jarak 3 bulan. Coupe memulai debutnya pada 18 Juli 2019, dengan tiga warna peluncuran, merah (dengan Paket Z51), putih, dan biru sedangkan convertible memulai debutnya pada 2 Oktober di Kennedy Space Center bersama dengan mobil balap C8.R , yang mengikuti Daytona 24 Hours 2020.

 

Corvette ‘Primitif’ Generasi Pertama Dilelang

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *