Tips Merawat Mesin Mobil Tua

Tips Merawat Mesin Mobil Tua

Kanal Otomotif – Memiliki mobil tua tentunya mempunyai nilai seni tersendiri bagi para pencinta mobil tua. Meski jenis mobil ini sudah lama diproduksi, namun mobil ini tetap terlihat menarik. Mobil tua juga membutuhkan perawatan layaknya mobil baru.

Merawat Mesin Mobil Tua

Perawatan mesin mobil tua, tentu saja tidak sama dengan perawatan mobil-mobil baru. Mobil tua ini membutuhkan perawatan yang begitu rumit pada bagian interior dan eksteriornya. Hal ini terjadi karena faktor usianya yang renta, sehingga membutuhkan perawatan berkala untuk menjaga kondisinya supaya tetap bertenaga.

Lalu bagaimana cara Merawat Mesin Mobil Tua?, simak penjelasan dibawah ini.

Periksa Keadaan Mesin Secara Berkala

Hal yang bisa anda lakukan untuk merawat mobil tua kesayangan anda, yakni dengan melakukan pengecekan mesin dengan teratur. Hal ini perlu anda lakukan karena kondisi mesin mobil tua ini memang rentan terjadi  kerusakan yang disebabkan oleh faktor usia, seperti mogok di tengah jalan.

Jadi lakukanlah pemeriksaan mesin mobil ini secara teratur, supaya kinerja mesin mobil tua anda tetap bertenaga. Untuk perawatan lebih lanjut, anda dapat melakukan tune up di bengkel terdekat. Hal ini bisa membuat kondisi mobil tua anda tetap dalam kondisi prima.

Perhatikan Penggunaan Oli dan BBM

Penggunaan oli dan bahan bakar di mobil tua anda juga perlu anda perhatikan, terutama ketika anda membelinya di pasaran. Hal ini demi mendukung peforma mesin mobil tua anda tetap fit. Mesin mobil usianya sudah 10 tahun lebih, tentunya membutuhkan asupan oli yang berkualitas, dibandingkan dengan mobil-mobil baru.

Lakukan Pemeriksaan Rutin Pada Kabel dan Ring

Selain 2 cara diatas, anda perlu melakukan pengecekan pada kondisi kabel dan ring, bahkan karet-karet penyangga di dalam mobil tua anda. Apakah sudah mengalami pengelupasan dan berkarat, atau tetap dalam kondisi normal. Kabel yang mengelupas dapat menyebabkan korsleting, sehingga nantinya akan susah untuk menyalakan mesin mobil.

Apa Saja Tips Merawat Mesin Mobil Tua?

Hal ini juga dapat menimbulkan percikan di permukaan kabel yang dapat menyebabkan mobil terbakar. Sementara, penggantian ring lama dengan yang baru, bertujuan untuk membuat aliran bahan bakar dalam mesin menjadi semakin lancar. Sehingga membuat suara mesin kendaraan tidak menjadi kasar dan tidak menyebabkan polusi.

Lakukan Pemeriksaan pada Kaki-Kaki Mobil

Permasalahan yang sering terjadi pada mobil-mobil tua, yakni kerusakan pada kaki-kaki mobil. Ada banyak sekali jenis kerusakan pada kaki-kaki mobil, namun yang sering terjadi yakni terdengan bunyi-bunyi kasar pada bagian mesin mobil anda. Jadi, sebelum hal tersebut terjadi pada mesin mobil tua anda, lebih baik anda melakukan pencegahan dengan selalu melakukan pemeriksaan secara berkala.

Pembersihan rutin pada bagian dalam dan luar juga merupak hal yang penting. Termasuk menghilangkan korosi dari baterai, mengganti filter yang kotor atau tersumbat. Hal ini dilakukan dengan mengikuti rekomendasi dari pabrik, agar komponen-komponen dalam mobil tua anda dapat bekerja dengan baik.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian mesin dan body mobil tua kesayangan anda supaya tetap terlihat menarik. Anda bisa mempelajari cara membersihkan mesin mobil tua diatas dan melakukannya sendiri dengan rutin di rumah. Sekian penjelasan tentang cara Merawat Mesin Mobil Tua yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

 

Tips Merawat Mesin Mobil Tua

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *