Pemeliharaan Mobil Agar Tetap Awet

Panduan Pemeliharaan Mobil Agar Tetap Awet

Kanal Otomotif – Ada beberapa hal kecil yang dapat anda lakukan untuk mengurangi biaya perawatan mobil. Dengan melakukan tips sederhana berikut, mobil akan lebih awet. Jika mobil anda digunakan secara rutin, tentunya mobil anda juga perlu perawatan yang rutin. Anda juga tidak mau bila tiba-tiba mobil mogok di tengah jalan, juga jauh dari garasi.

Sebagai pengguna mobil pasti ingin mobil yang anda pakai awet untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, pastikan mobil dalam kondisi prima dan nyaman dikendarai. Jadi, anda harus melakukan Pemeliharaan Mobil, baik itu sendiri maupun melalui servis rutin ke bengkel resmi. Begitu juga dengan tipe mobil yang anda miliki, baik manual maupun otomatis.

Pemeliharaan Mobil Agar Tetap Awet

Semua mobil membutuhkan perawatan yang terbaik. Tune-up rutin harus dilakukan agar mobil selalu dalam kondisi baik dan kendaraan dapat digunakan tanpa masalah. Berikut cara atau tips merawat mobil agar awet yang dapat anda terapkan.

Periksa Rem dan Kopling

Jika kendaraan anda sudah memasuki jarak antara 10.000 hingga 50.000 km, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan. Perhatikan kampas kopling anda yang mulai aus, jika itu terjadi akan membuat terasa berat saat mengganti gigi.

Jangan lupa untuk rutin mengecek kondisi rem mobil. Perlu diperhatikan agar anda mengganti minyak rem jika mencapai jarak tempuh 20.000 km, penting untuk menjaga rem agar bekerja dengan baik karena bagian ini sangat vital dan berbahaya jika anda mengalami masalah.

Periksa Oli Secara Teratur

Di manual, biasanya pengecekan oli dianjurkan setiap enam bulan atau 10.000 km. Namun ada baiknya jika anda sering bepergian dengan mobil dan selalu menghadapi kemacetan lalu lintas. ganti oli mobil anda di 5.000 km atau sekitar sekali setiap tiga bulan. Jika oli di mesin anda terlihat encer dan berubah menjadi hitam, anda harus mengganti oli.

Bagaimana Panduan Pemeliharaan Mobil Agar Tetap Awet?

Periksa Ban dan Tekanannya

Tips perawatan mobil selanjutnya adalah memeriksa ban dan tekanannya, ini mungkin dianggap sepele, untuk keamanan sekaligus mengontrol tekanan ban sangat penting. Setidaknya sebulan sekali atau sebelum anda bepergian jauh, ke luar kota misalnya. Begitu juga dengan kondisi ban mobil, jika ban terlihat rusak atau gundul, jika itu terjadi anda harus segera menggantinya.

Bersihkan Bagian dalam Mobil

Yang penting anda membersihkan bagian dalam mobil, jika mobil bersih tentunya membuat anda nyaman bepergian dengan mobil ini. Membersihkan jok mobil setelah digunakan, hal ini dilakukan untuk menghindari perubahan warna jok secara cepat. Perubahan warna pada jok mobil disebabkan oleh keringat atau hal lain yang menempel pada jok. Setelah itu, bersihkan karpet dan kabin serta karpet untuk mencegah tumbuhnya jamur di sana.

Mencuci Mobil

Setidaknya anda mencuci mobil seminggu sekali untuk menjaga kebersihan body mobil dari segala noda. Jika anda jarang mencuci mobil, akan semakin sulit menghilangkan kotoran yang menempel, apalagi jika mobil anda berwarna putih tentunya noda akan mudah terlihat.

Saat anda mencuci mobil, gunakan kain yang lembut agar tidak merusak cat dan gunakan sabun cuci mobil khusus. Jika ingin mobil anda awet dan nyaman saat anda kendarai bahkan untuk perjalanan jauh. Anda harus rutin melakukan tips Perawatan Mobil ini agar tetap dalam kondisi baik saat digunakan.

 

Panduan Pemeliharaan Mobil Agar Tetap Awet

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *