Mengetahui Arti Lampu Indikator Mobil

Lampu Indikator Mobil

Salah satu alat komunikasi antara mobil dengan pengemudinya adalah menggunakan lampu indikator. Penting untuk mengetahui arti lampu indikator mobil. Anda bisa membayangkan ketidaktahuan arti lampu indikator mobil sama halnya dengan berkomunikasi dengan orang lain tetapi tidak mengerti yang disampaikan. Penerjemahan yang salah tentu akan memberikan respon yang kurang tepat juga. Seperti apa bahayanya?

Indikator-indikator yang ada di dasbor mobil tersebut terkadang memberikan suatu tanda bahaya yang harus direspon secepatnya. Apabila kita tidak memahami, dan tidak segera merespon maka resikonya akan menjadi lebih besar. Pahami indikatornya dan bagaimana cara meresponnya.

Lampu Indikator di Dasbor Mobil

Indikator lampu yang ada di dasbor mobil tersebut umumnya dibagi menjadi 3 warna, yaitu merah, kuning dan hijau. Untuk nyala warna merah menandakan bahwa peringatan tersebut bersifat mendesak untuk segera memberikan respon. Bila diabaikan dapat berakibat fatal. Bila menyala warna merah, segera berhenti.

Untuk nyala warna kuning, menandakan adanya kondisi yang harus diperhatikan oleh pengemudi, tetapi tidak mendesak seperti halnya nyala warna merah. Dan untuk nyala lampu hijau/biru, menunjukkan bahwa komponen tersebut sedang digunakan/aktif.

Berikut beberapa indikator dan artinya masing-masing

Indikator gangguan pada mesin

Indikator gangguan pada mesin. Kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen mesin atau gangguan pada sensornya.

 

Indikator tekanan oliIndikator tekanan oli. Kemungkinan terjadi masalah pada volume oli (kurang) atau pompa oli yang tidak berfungsi. Proses pelumasan tidak berjalan dengan baik, berbahaya bagi mesin.

 

Indikator temperatur mesinIndikator temperatur mesin. Kemungkinan terjadi masalah sistem radiator atau pendinginan mesin. Segera berhenti untuk memeriksa dan mendinginkan mesin.

 

Indikator sistem kelistrikanIndikator sistem kelistrikan. Kemungkinan terjadi masalah pada sistem pengisian listrik aki (accu)

 

Indikator sistem pengeremanIndikator sistem pengereman. Kemungkinan terjadi masalah pada sistem pengereman. Rem merupakan komponen vital, perlu untuk segera melakukan perbaikan.

 

Indikator sistem pengereman ABSIndikator sistem pengereman ABS (Anti-Lock Brake System). Kemungkinan terjadi masalah pada sistem pengereman ABS.

 

Indikator rem parkirIndikator rem parkir (hand brake atau foot brake). Menunjukkan bahwa rem parkir masih aktif dan harus di nonaktifkan terlebih dahulu sebelum mulai berjalan.

 

Indikator pintu mobilIndikator pintu mobil. Menunjukkan ada pintu yang belum tertutup sempurna. Segera dilakukan pemeriksaan untuk mencegah pintu terbuka secara tidak sengaja dan sangat berbahaya.

 

Indikator bahan bakarIndikator bahan bakar. Menunjukkan bahwa BBM dalam kondisi hampir habis.

 

Indikator airbagIndikator airbag. Kemungkinan terjadi masalah pada sistem airbag yang ada dalam kendaraan.

 

Indikator sabuk pengamanIndikator sabuk pengaman. Menunjukkan bahwa pengemudi belum menggunakan sabuk pengaman.

 

Indikator lampu jauhIndikator lampu jauh. Menunjukkan bahwa lampu jauh dalam posisi aktif atau digunakan.

 

Masih ada beberapa lampu indikator yang dapat kita temui seperti lampu sein, sabuk pengaman penumpang dsb. Bahkan beberapa mobil mewah, dengan banyak fitur, memiliki jauh lebih banyak lagi lampu indikator untuk berkomunikasi dengan pengemudinya.

 

Arti Lampu Indikator pada Dasbor Mobil

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.