Mencegah dan Memperbaiki Lampu Mobil Berembun

Lampu Mobil Berembun

KITA kerap menemukan lampu utama kendaraan dipenuhi dengan embun di bagian dalamnya. Ini disebabkan adanya uap air yang terjebak di dalam rumah lampu yang terkondensasi membentuk butiran air di di bagian dalam lensa lampu.

Timbulnya embun pada kaca atau mika lampu mobil berpotensi mengakibatkan arus pendek listrik di mobil dan juga membuat tampilan jadi kurang menarik, serta akan mengurangi terang yang dipancarkan dari mobil.. Umumnya, pengembunan ini terjadi akibat masuknya air melalui sela-sela komponen tersebut.

Kondensasi diakibatkan adanya perbedaan suhu antara bagian luar rumah lampu yang lebih dingin dibanding bagian dalam. Uap air yang ada di dalam rumah lampu mengindikasikan bahwa rumah lampu telah kemasukan air. Dengan kata lain kalau sampai terjadi embun, berarti ada bagian yang sudah tidak rapat.

Lampu Mobil Berembun

Umumnya rumah lampu memiliki lubang di bagian atas dan bawah yang fungsinya untuk mengakomodir adanya perbedaan tekanan udara. Kedua lubang ini biasanya dirancang untuk tidak mudah kemasukan air.

Sebenarnya, jika bagian luar lensa lebih dingin, di malam hari misalnya, akan terjadi pengembunan di bagian dalam. Ketika suhu di luar kembali normal saat pagi menjelang, maka embun akan segera lenyap dan ini sangat normal. Biasanya embun akan menghilang dengan sendirinya sesaat setelah mobil dijalankan.

Ada juga rumah lampu yang tidak dilengkapi ventilasi sama sekali. Uap air yang terjadi biasanya akibat adanya keretakan atau kebocoran. Karena tidak memiliki lubang, lampu model ini biasanya akan lebih parah saat kemasukan air.

Uap air akan melekat dan terkondensasi dengan hebat. Bukan lagi dalam bentuk butiran air yang menempel di bagian dalam lensa, melainkan seperti tetesan air hujan.

Proses ini berlangsung terus menerus sehingga bagian dalam lampu tergenang bagai akuarium. Kalau sudah begini, satu-satunya jalan adalah dengan membongkarnya.

Mengapa perlu membongkar lampu mobil rerembun?

Info Oto: Jika lampu mobil sering berembun dan dalam waktu lama, sebaiknya segera dilakukan tindakan. Ada bahaya yang dapat ditimbulkan oleh embun tersebut. Antara lain:

  1. Lampu mobil berembun akan membuat warna lampu kusam yang diakibatkan oleh jamur yang tumbuh subur di tempat lembap. Semakin kusam lampu, maka penerangannya akan semakin buruk.
  2. Embun juga berpotensi membuat bohlam pecah. Ketika bohlam menyala, tak hanya cahaya yang dihasilkan tetapi juga panas. Bila air embun menyentuh bohlam, terjadi perbedaan suhu yang berpotensi besar memecah kaca bohlam.
  3. Potensi korsleting listrik kemungkinan bisa saja terjadi saat embun yang berubah menjadi air menyentuh kabel lampu sehingga terjadi kebakaran.

Tips Membersihkan Lampu Mobil Berembun

Lepas semua lampu, soket dan kabel-kabel dan lepaskan lampu dari dudukannya secara hati-hati. Setelah dilepas dari dudukannya, bersihkan seluruh rumah lampu dengan campuran air dan sabun detergen lembut, terutama bagian dalam.

Setelah itu keringkan dengan lap kain halus hingga kering dan bersih. Upayakan jangan ada setetes pun air yang tertinggal dan terjebak di dalamnya.

Jika masih ada, tuangkan sesendok alkohol di bagian yang masih terdapat air dan buang kembali. Ulangi beberapa kali, lalu keringkan dengan  cara dijemur di bawah terik matahari sambil diangin-anginkan. Bisa juga meniupnya dengan pengering rambut, namun jangan terlalu dekat agar plastik tidak meleleh.

Setelah benar-benar kering pasang kembali lampu tersebut pada dudukannya. Bila mungkin, Anda bisa membuatkan lubang ventilasi di bagian bawah lampu yang fungsinya mirip dengan drainase, kemudian diberi penutup karet. Semoga tips di atas berguna.

 

Kiat Mencegah Lampu Mobil Berembun

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *