Strategi dan Kebijakan Astra Indonesia

Strategi dan Kebijakan Astra Indonesia

Strategi Perusahaan dan Kebijakan Strategis Astra adalah menerapkan strategi Triple-P Roadmap sebagai panduan dalam proses transformasi menjadi “Kebanggaan Bangsa”. Triple-P Roadmap merupakan kerangka strategis yang terdiri dari: (1) Portfolio Roadmap sebagai panduan pertumbuhan bisnis, (2) People Roadmap sebagai panduan pengembangan sumber daya manusia, dan (3) Public Contribution Roadmap sebagai panduan untuk implementasi kontribusi sosial berkelanjutan.

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Seiring dengan kemajuan usaha serta sejalan dengan rencana ekspansi, Perseroan melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan kode saham ASII pada tahun 1990, sekaligus mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk.

Keberhasilan pelaksanaan strategi tersebut sangat ditentukan oleh tiga faktor utama, yaitu: kejelasan strategi Roadmap, keberanian dalam implementasi serta kedisiplinan pada proses eksekusi. Melalui implementasi strategi ini, diharapkan Astra mampu merealisasikan pertumbuhan bisnis yang berjenjang, berimbang dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Strategi Triple P-Roadmap Astra Indonesia

Strategi Triple P-Roadmap untuk menjadikan Astra sebagai “Kebanggaan Bangsa”. Keberhasilan Astra untuk menjadi perusahaan yang menginspirasi bangsa akan bergantung pada kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap Revolusi Industri 4.0 yang digerakkan oleh kemajuan teknologi digital.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar di tanah air, Astra diharapkan dapat menjadi panutan dalam memainkan peran penting sebagai agen pembangunan nasional. Untuk menjadi panutan yang dapat menginspirasi dunia bisnis dan ekonomi di Indonesia, Astra perlu fokus terhadap tiga faktor utama, yaitu:

1. Melakukan semua kegiatan bisnis yang berlandaskan pada Profesionalisme, Integritas dan Pengelolaan SDM yang berkesinambungan

Dalam sejarahnya selama lebih dari 60 tahun, berbagai pemangku kepentingan telah memilih untuk menjalin hubungan bisnis dengan Astra. Hal ini didasari keyakinan bahwa Astra merupakan perusahaan yang senantiasa dikelola secara profesional dan penuh integritas sebagai kunci kesinambungan. Selain itu, kompetensi insan Astra terus menjadi prioritas bagi manajemen, sebagaimana tertuang dalam kerangka strategi People Roadmap.

2. Make Things Happen

Salah satu ciri insan Astra adalah kemampuan mereka untuk mewujudkan secara nyata program atau rencana kerja yang telah ditetapkan, dengan semangat memberikan bukti dan bukan janji. Kemampuan eksekusi ini ditopang oleh penguasaan kompetensi dan sistem manajemen yang mapan sehingga membentuk pola pikir dan pola kerja yang prima sebagai bagian dari budaya Perusahaan Astra. Kekuatan make things happen menjadi motor pertumbuhan bisnis yang membuka peluang lapangan kerja baru, termasuk semangat startup yang solid dalam lingkup Grup Astra saat ini.

3. Mempertahankan posisi Astra sebagai “Partner of Choice”

Merupakan suatu kehormatan bagi Astra bahwa banyak pihak menjadi relasi bisnis dan menjalin kemitraan bersama Astra, dimana hal ini mencerminkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap Astra. Untuk menjaga kepercayaan ini, Astra sepenuhnya menyadari bahwa dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang unggul untuk menjembatani perbedaan latar belakang antar mitra kerja sehingga jalinan hubungan bisnis menjadi harmonis. Ke depan, kredibilitas Astra juga perlu dipertahankan melalui penguasaan teknologi dan kompetensi yang saling melengkapi dengan berbagai mitra bisnis.

Otomotif Astra International

Kendaraan Roda Empat F

  • Toyota
  • Lexus
  • Daihatsu
  • Isuzu
  • UD Trucks
  • Peugeot
  • BMW

Kendaraan Roda Dua

  • Honda

Komponen

  • PT Astra Otoparts Tbk

Produk & Jasa Lain-lain Terkait Otomotif

  •  AstraWorld
  • Astra Digital Internasional

 

Strategi dan Kebijakan Astra Indonesia

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.