Keuntungan Menggunakan Helm Saat Berkendara Motor

Keuntungan Menggunakan Helm

Keuntungan menggunakan helm tidak hanya sekedar kepala menjadi lebih terlindung dari potensi cidera yang lebih parah bila terlibat dalam kecelakaan. Tetapi masih banyak keuntungan-keuntungan yang lain. Apa saja keuntungan-keuntungan yang kita dapatkan ketika menggunakan helm dengan benar saat berkendara motor?

6 Keuntungan Menggunakan Helm

Banyak keuntungan yang kita dapatkan ketika menggunakan helm saat berkendara motor. Berikut ini beberapa keuntungan, antara lain:

1. Mengurangi potensi cidera pada kepala

Helm dengan bentuk full face akan melindungi seluruh bagian kepala, mulai dari depan, samping, atas dan belakang. Selain itu, dengan bentuk full face akan memberikan struktur perlindungan yang lebih kuat dibanding model lainnya.

Apabila terjadi benturan dengan jalan atau bagian lain yang keras, maka helm akan melindungi kepala dengan mengurangi gaya atau tekanan dari benturan tersebut.

Sehingga bila dibandingkan antara kepala yang dilindungi helm dan kepala yang tidak dilindungi helm tentu potensi cideranya sangat berbeda.

2. Tidak di tilang oleh Polisi

Polisi sebagai penegak hukum, tentu akan menjalankan tugasnya apabila ada pelanggaran terhadap Undang-Undang yang berlaku. Dalam hal ini, pemakaian helm di atur di dalam pasal 57 ayat (1) jo ayat (2) Undang-Undang no 22 tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan yang berbunyi :

(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.

(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

Kalau kita tidak memakai helm di jalan sudah tentu akan ditilang oleh Polisi.

3. Mengurangi bising

Apabila kita melewati jalan raya dengan segala hiruk pikuknya, kita akan merasakan betapa bisingnya berada di situ. Kebisingan ini mengganggu bagi sebagian orang yang tidak terbiasa. Dengan menggunakan helm, yang menutup seluruh kepala kita, maka suara bising tersebut akan teredam sehingga menjadi tidak terlalu bising.

Bising juga dapat muncul pada saat kita bergerak dengan kecepatan tertentu. Semakin cepat kita bergerak, suara angin di sekitar telinga kita rasanya bertambah menjadi lebih keras. Dengan menggunakan helm, kebisingan tersebut dapat terredam.

4. Mengurangi terpaan angin

Anda pernah melihat bagaimana muka Komeng, dalam iklan salah satu produk sepeda motor yang ngebut, bergerak-gerak karena terpaan angin? Dengan menggunakan helm maka kita akan terhindar dari terpaan angin seperti itu.

5. Melindungi dari cuaca yang tidak nyaman

Pada saat terik panas matahari menyentuh kepala bagian atas kita atau dinginnya udara menyentuh pipi, telingan dan hidung, pasti membuat tidak nyaman. Dengan menggunakan helm, hal tersebut tidak terjadi lagi.

Helm terkini telah dilengkapi dengan double visor, sehingga pada saat kita berada pada kondisi matahari terik, cahaya terlalu terang, kita bisa menurunkan visor yang berwarna hitam. Dengan visor hitam tersebut, kita dapat mengurangi silau pada mata.

6. Melindungi dari benda beterbangan

Pernah merasakan tidak nyamannya ketika debu masuk kedalam mata? atau pasir yang beterbangan mengenai muka kita? Dengan menggunakan helm, hal tersebut tidak terjadi lagi.

Ternyata banyak keuntungan yang kita dapatkan ketika kita berkendara menggunakan helm dengan benar. Jadi jangan ragu lagi untuk menggunakan helm saat berkendara.

 

Keuntungan Menggunakan Helm Saat Berkendara Motor

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.