Mesin Motor Injeksi

6 Keunggulan Mesin Motor Injeksi Dibandingkan Karburator

Kanal Otomotif. Sebagian besar motor yang dijual saat ini sudah menggunakan teknologi injeksi. Hal tersebut tidak terlepas dari kelebihan yang diberikan dibandingkan dengan sistem karburatornya. Salah satu yang paling populer, lebih mudah dalam hal perawatan.

Keunggulan Mesin Motor Injeksi

Jika sudah pernah menggunakan motor injeksi, ada beberapa keunggulan teknologi injeksi yang wajib kamu ketahui.

1. Sistem Pembakaran Lebih Baik

Dengan rasio AFR (air fuel ratio) yang lebih baik yang dikendalikan perangkat elektronik, motor injeksi akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem karburator. Karena AFR yang dihasilkan, telah disesuaikan dengan keperluan motor, dan dapat berubah ketika suhu udara sekitar naik atau turun. Berkat sensor udara yang akan menganalisa suhu dan kondisi udara yang bercampur dengan bahan bakar dirasa lebih sempurna.

2. Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit

Salah satu keunggulan motor injeksi adalah tingkat efisiensi bahan bakarnya yang tinggi. Ini karena takaran campuran antara bahan bakar dan darah diatur oleh sebuah sensor yang dikendalikan oleh sistem elektronik semi komputer. Motor yang dengan sistem injeksi dapat melakukan proses pembakaran yang lebih sempurna. Pembakaran yang lebih sempurna ini akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Karena pembakaran lebih sempurna maka proses pembakaran akan lebih optimal. Pembakaran yang optimal ini juga akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan. Sistem injeksi biasanya mempunyai pengaturan yang sudah sesuai dengan standar pabrik. Pabrik juga akan mengatur ECM pada motor agar konsumsi bahan bakar yang paling optimal untuk motor dapat tercapai.

3. Mudah Melakukan Penyetelan

Jika sistem pembakarannya masih menggunakan sistem karburator, maka akan sering terjadi perubahan pada pengaturan AFR. Biasanya, perubahan setting ini disebabkan oleh getaran yang ditimbulkan oleh mesin, atau kualitas karburator yang menurun.

4. Apa Saja 5 Keunggulan Mesin Motor Injeksi?

Proses AFR yang terjadi pada motor injeksi dikendalikan dan dipesan oleh sistem komputer yang disebut Electronic Control Module atau ECM. Teknologi ini sudah memiliki pengaturan dan konfigurasi yang tetap, sehingga dapat diubah ketika menggunakan software dan komputer. Ini dapat mengurangi kerumitan pengendara dalam menghadapi perubahan pengaturan konfigurasi karbutor.

5. Perawatan Mudah

Penggunaan sistem injeksi memudahkan pengguna dalam perawatannya. Anda hanya perlu menyemprotkan pembersih injeksi tanpa perlu bongkar muat layaknya mesin karburator konvensional.

6. Lebih Ramah Lingkungan

Selain penyemprotan pembersih injeksi, sistem injeksi ini memang dibuat dengan konsep bebas perawatan, artinya anda tidak perlu terlalu sering melakukan perawatan dengan membongkar blok mesin. Karena itu, servis mesin motor injeksi juga tergolong cepat dan sederhana. Jadi, sistem mesin injeksi ini dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Emisi Gas Buang Motor Injeksi Lebih Baik

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah masalah emisi, kita tahu bahwa sebuah mesin yang menggunakan pembakaran pasti meninggalkan residu berupa gas buang atau kita sebut dengan emisi.

Beberapa ahli mengatakan zat yang terkandung dalam gas buang kendaraan berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. Hal ini dapat dikatakan benar, karena proses pembakaran di dalam mesin dapat menghasilkan gas CO dan biasanya disertai NOx ketika pembakaran kurang sempurna.

Dalam jumlah banyak gas ini bisa sangat berbahaya bagi manusia, namun pada sepeda motor injeksi, seperti yang kami katakan sebelumnya, teknologi ini dapat mengatur campuran bensin sesuai dengan kondisi mesin. Sekian ulasan tentang keunggulan mesin motor injeksi, semoga bermanfaat.

 

Keunggulan Mesin Motor Injeksi

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *