Tips Perawatan Rem Cakram Motor Agar Semakin Efektif

Perawatan Rem Cakram Motor

Kanal Otomotif. Rem merupakan perangkat penting pada motor untuk mengurangi atau menghentikan kecepatan roda. Rem cakram, perlu diawasi dan dirawat agar kinerjanya tetap optimal saat dibutuhkan. Tidak hanya dikenal memiliki pembuangan panas yang lebih baik daripada rem tromol, karena sifatnya yang terbuka.

Rem Cakram Motor

Perangkat pengereman cakram juga lebih mencengkeram, meski begitu, seperti halnya peranti pengereman tromol. Jika tidak dirawat, beberapa masalah pengereman, seperti tidak mencengkeram, juga bisa muncul.

Berikut beberapa tips Perawatan Rem Cakram yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Kondisi Pemasangan Rem

Agar rem dapat bekerja dengan baik, perlu pemasangan yang benar sesuai anjuran. Jika anda tidak yakin untuk memasangnya sendiri, anda dapat mengirimkannya ke bengkel resmi atau bengkel umum.

Periksa Minyak Rem Secara Teratur

Minyak rem memiliki peran yang cukup besar dalam menunjang kinerja rem cakram. Agar rem cakram berfungsi dengan baik, harus memperhatikan minyak rem. Mengecek kondisi minyak rem secara rutin merupakan langkah sederhana yang bisa anda lakukan sendiri.

Minyak rem sangat penting untuk performa rem cakram agar dapat berfungsi secara maksimal. Pasalnya, rem cakram sendiri sangat bergantung pada piston yang terdapat pada master rem. Master rem ini sendiri memiliki fungsi untuk menggerakkan kaliper yang bisa digunakan untuk menggenggam cakram, terutama saat pengendara motor menarik tuas rem.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi pengguna sepeda motor untuk melakukan pengecekan dan penggantian minyak rem secara rutin. Penggantian minyak rem sendiri bisa dilakukan minimal setahun sekali atau paling banyak dua tahun sekali. Jika sudah lebih dari dua tahun, jangan heran jika performa rem anda kurang optimal.

Bagaimana Tips Perawatan Rem Cakram Agar Semakin Efektif?

Pembersihan Kapiler

Seperti yang sudah disebutkan di atas, rem cakram yang sifatnya terbuka dapat membuat kotoran dan kotoran yang ada di udara menempel pada kanvas dan piston. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja kedua komponen tersebut dan membuat fungsinya menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, salah satu cara merawat rem cakram motor adalah dengan membersihkan kanvas dan piston secara berkala.

Periksa Kondisi Selang Rem

Jika minyak rem dalam keadaan baik, maka komponen selanjutnya yang harus diperiksa adalah selang rem. Selang rem mempengaruhi aliran minyak rem ke rem saat sedang digunakan. Hindari kebocoran selang untuk mencegah tumpahan minyak rem. Sifat oli yang licin pasti akan memengaruhi performa rem cakram.

Mengganti Segel Master Rem

Jika sudah merasakan keanehan yang sangat dirasakan saat melakukan pengereman. Seperti handel rem yang terasa kendor saat ditekan. Atau bisa juga handel remnya sangat keras namun tidak membuat kecepatan kendaraan berkurang meski sudah ditekan dengan kuat.

Jadi salah satu solusinya adalah dengan mengganti segel master rem. Ini hanya bisa dilakukan di bengkel motor terpercaya dan bersertifikat. Ada baiknya jika anda membawa motor anda ke bengkel resmi pabrikan.

Mengganti Sepatu Rem Saat Sudah Dipakai

Berbicara tentang rem, pasti berkaitan dengan gesekan. Performa rem yang memanfaatkan gesekan dibantu langsung oleh bantalan rem. Jika anda menemukan kanvas yang sudah usang, anda harus segera menggantinya. Bantalan rem memiliki kemungkinan besar untuk aus. Sekian ulasan tentang Perawatan Rem Cakram yang bisa anda terapkan pada motor anda, semoga bermanfaat.

 

Tips Perawatan Rem Cakram Motor Agar Semakin Efektif 

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *