FORD Mustang Eleanor 1973

FORD Mustang Eleanor 1973

FORD Mustang Mach 1 GT500 Eleanor 1973 yang menjadi salah satu ikon di film ‘Gone ini 60 Second’ akan dijual di balai lelang COYS di pameran Autosport International 2012 di Birmingham pada 14 Januari mendatang.

Ini adalah salah satu mobil yang tersisa dari total 12 unit yang dibuat untuk film yang dibintangi oleh Nicholas Cage dan Angelina Jolie. Jadi kita tidak bisa memastikan apakah mobil ini pernah dinaiki kedua bintang itu secara bersamaan.

Mobil bintang film ini dibangun oleh mantan desainer Boyd Coddington Chip Foose berdasarkan sketsa ilustrator Hot Rod Steve Standford. Kendaraan ini mengusung wheel arch yang lebih lebar, bonnet dengan tonjolan khas, side skirt dan spoiler yang menyatu dengan tutup bagasi.

Ciri khas lainnya berupa hadirnya sepasang lampu PIAA yang keduanya dipasang di ujung depan, gril terbuat dari bahan billet dan mobil ini dibalut dengan warna abu-abu metalik dengan dua strip hiitam yang membujur di bagian kap mesin hingga ke bagian belakang.

Bagian rodanya menggunakan velek Scmidt dengan lebar 8 inci dan berdiameter 17 inci, sementara bagian interiornya dibiarkan standar Shelby dengan tachometer besar. Mustang khusus ini dibekali mesin Ford Racing 5.75 liter.

Mesin ini juga menggunakan camsaft besar dengan pasokan bahan bakar jenis karburator 4-barrel lansiran Holley berkapasitas 700cfm. Suspensinya menggunakan pegas coil dengan sistem pengeraman disk brake Willwood yang bagian depannya ditangani oleh 6 kaliper piston.

Mustang Eleanor ini adalah salah satu dari dua mobil asli yang di lepas ke masyarakat yang membuat kendaraan ini memiliki alasan untuk dijual dengan harga mahal. Dalam lelang nanti, kendaraan ini diperkirakan bisa menyundul angka 100 ribu Poundsterling (Rp1,4 miliar lebih).

Ford Mustang

Model Ford Mustang, merupakan produk mobil dari perusahaan Ford Motor Company di Amerika Serikat. Nama Mustang pertama kali diusulkan oleh Robert J. Eggert, manajer riset pasar Ford, yang terinspirasi dari buku The Mustang karya J. Frank Dobie

Model Ford Mustang merupakan pengembangan dari Ford Falcon generasi kedua dan mulai diperkenalkan ke umum tanggal 17 April 1964.

Konvertibel Ford Mustang 1964
Produksi Mustang dimulai pada bulan Maret 1964; mobil baru diperkenalkan ke publik pada 17 April 1964, di New York World’s Fair di Queens, dan dengan cepat menjadi ikon dan salah satu model mobil paling sukses dalam sejarah otomotif.

Ford Mustang mulai kembali diterima di pasar otomotif dunia pada tahun 1974 setelah konsep dan ukuran kendaraan kembali ke aslinya. Sebelumnya model Mustang produksi 1971-1973 memiliki model lebih besar dan lebih berat. Sejak itu juga terlihat beberapa generasi Platform dan desain.

Ford Mustang termasuk mobil legendaris sebagai sebuah Muscle Car dengan mesin bertenaga besar yaitu mesin V6 dan V8 yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 200-306 Horsepower. Sangat istimewa untuk ukuran mesin mobil di tahun era 1960-an.

Hingga saat ini Ford Mustang terus diproduksi dengan beberapa varian berbeda seperti tipe EcoBoost Fastback, EcoBoost Convertible, GT Fastback, Bullitt, dan beberapa tipe lainnya.

 

FORD Mustang Eleanor 1973

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *