Sepeda Listrik Ramah Lingkungan

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan

Setelah kehadiran sepeda listrik di dunia otomotif sekarang makin diminati masyarakat di tanah air, karena dengan perjalanan di dalam kota semakin asik dan praktis.

Cara kerja sepeda listrik

Prinsip cara kerja sepeda listrik ini cukup sederhana yaitu dengan mengubah energi listrik pada baterai atau akumulator menjadi energi gerak atau putar melalui dinamo. Lalu, gerakan dinamo yang berputar ini tersebut kemudian diteruskan untuk menggerakkan roda belakang dari sepeda tersebut.

Cara untuk mengisi energi motor tersebut dengan di cas atau isi ulang menggunakan tenaga listrik dan lebih praktis dan hemat pengeluaran biaya operasional sehari-hari di banding dengan motor yang menggunakan bahan bakar BBM.

Dengan adanya kendaraan bertenagakan listrik kita bisa menghemat kebutuhan BBM di negara kita dan kendaraan yang menggunakan listrik termasuk kendaraan ramah lingkungan.

Sepeda listrik ini banyak disukai kalangan perempuan yang punya berbagai aktivitas di dalam kota jarak pendek. Misalnya akan pergi berbelanja ke pasar, pergi ke pengajian di wilayah kecamatan, atau pergi ke teman arisan. Banyak juga pelajar yang memanfaatkan sepeda ini untuk berangkat ke sekolah.

Apa perbedaan sepeda listrik dan sepeda motor listrik?

Perbedaan sepeda listrik dengan sepeda motor listrik adalah, sepeda listrik mempunyai pedal seperti sepeda pada umumnya, yang bisa juga digunakan untuk menggerakkan sepeda listrik tersebut. Sedangkan sepeda motor listrik hanya mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya, seperti sepeda motor matic.

Toko yang menyediakan sepeda listrik pun semakin banyak menggelar awesome beginning sesudah beroperasi. Harga sepeda listrik ini sangatlah terjangkau oleh semua kalangan masyarakat dengan kisaran harga Rp 5 juta – Rp 6 juta untuk setiap unitnya.

Misalkan dua merek sepeda listrik yaitu Good guy dan Oneness, sepeda ini berasal dari Tiongkok tetapi untuk perakitan produk dilakukan di Indonesia. Desain yang lebih cantik dan menarik dibanding produk merek lain, sepeda ini memang sangat cocok di pakai kaum perempuan.

Tetapi banyak juga  laki-laki yang menggunakan sepeda ini karena lebih efisien dan hemat energi. Bahkan ada sepeda listrik ini dilengkapi dengan baterai dengan daya tahan untuk menempuh jarak hingga 50 kilometer.

Untuk pengisian baterai cash membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam, Jika melakukan perawatan dengan baik, baterai bisa awet hingga tiga tahun. Sparepart dan baterai jika rusak, suku cadang yang cukup tersedia di pasaran.

 

Sepeda Listrik Ramah Lingkungan

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.