Langka: Lamborghini Jarama GTS 1973

Lamborghini Jarama GTS 1973

JARAMA mungkin model mobil yang kurang dikenal yang pernah keluar dari pabrik Lamborghini di Sant’ Agata, namun ia masih tetap masuk kategori mobil eksotis Italia dan mewakili mobil sport GT di era ’70-an.

Justru karena kurang dikenal, Jarama bisa menjadi barang yang bagus untuk Anda koleksi. Salah satunya adalah Jarama GTS 1973 yang juga dikenal sebagai Jarama S dengan odometer yang baru menunjukkan 6.600 mil (10.621 km) dan dijual dengan harga  US$79.000 (sekitar Rp720 juta).

Sekilas Tentang Lamborghini

Lamborghini (Automobili-Lamborghini S.p.A) merupakan sebuah perusahaan otomotif pembuat mobil di Italia yang didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963. Tujuan awal perusahaan ini untuk menghasilkan mobil grand wisata untuk bersaing dengan mobil yang telah ada di pasaran terlebih dahulu seperti Ferrari.

Awalnya usaha Ferruccio Lamborghini adalah membuat traktor yang dibuat dari bahan-bahan sisa perang. Pada saat itu Lamborghini memiliki sebuah supercar Ferrari 250 GT. Namun mendapat masalah pada mobilnya, yaitu pada koplingnya dan suara yang berisik.

Kemudian Ferruccio Lamborghini datang ke Enzo Ferrari, pendiri Ferrari, untuk menyampaikan keluahannya . Bukan mendapat jawaban, malah Ferruccio Lamborghini mendapat ucapan yang membuatnya merasa tersinggung dan sakit hati.

“Masalahnya bukan dari mobilnya tapi pengendaranya,” kata Enzo Ferrari.

Dan parahnya lagi, Enzo melemparkan kata-kata pedas.

“Urusi traktormu saja,” kata Enzo Ferrari yang membuat Ferruccio merasa dihina.

Kemudian Ferruccio Lamborghini bersumpah untuk membuat mobil yang dapat mengalahkan Ferrari dengan memanfaatkan kota kecil San’tAgata Bolognese untuk membuat supercar pertamanya.

Lamborghini kemudian merekrut tiga karyawan mantan pekerja Ferrari, yaitu: Gyoto Bizarini, Franco Scaclion, dan Gyan Paulodalara diajak Ferruccio untuk bergabung.

Tugas mereka adalah untuk membuat GT mewah. Akhirnya Lamborghini membuat supercar pertamanya yaitu 350 GT pada tahun 1963. Sekarang Lamborghini telah sukses di pasar otomotif.

Sebenarnya pada pertengahan tahun 1960 Lamborghini telah meliris model pertamanya. Namun terus dikembangkan agar memiliki kekuatan dan kenyamanan. Akhirnya Lamborghini mendapat banyak pujian pada tahun 1966.

Ketika masa sulit menimpa perusahaan di pertengahan tahun 1970-an, karena krisis moneter dunia 1973 dan krisis minyak,  Lamborghini sempat bangkrut. Akhirnya Lamborghini menjadi anak perusahaan dari Chrysler pada tahun 1987.

Kurangnya keberhasilan Lamborghini terus berlanjut sampai tahun 1990-an, sampai perusahaan itu dijual pada tahun 1998 kepada Audi, anak perusahaan dari Grup Volkswagen, sebuah perusahaan otomotif Jerman.

Lamborghini

Kepemilikan Audi menandai awal dari sebuah periode stabilitas dan peningkatan produktivitas untuk Lamborghini, dengan penjualan meningkat hampir sepuluh kali lipat selama tahun 2000-an, memuncak pada rekor penjualan pada tahun 2007 dan 2008.

Lamborghini Jarama

Mobil yang namanya diambil dari tempat adu banteng di Spanyol ini merupakan mobil sport berkapasitas 2+2 yang didesain oleh desainer Bertone, Marcello Gandini. Jarama diperkenalkan tahun 1970 sebagai pengganti Islero.

Jarama generasi pertama yang dibuat mulai tahun 1970 hingga 1973 dibekali mesin V12 berkapasitas 4.0 liter dengan daya maksimum 350 hp yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed. Jarama GTS yang dijual tersebut dibuat pada tahun 1973 dan terus diproduksi hingga 1976.

Perubahan dari model generasi pertama antara lain penyempurnaan interior, sentuhan ulang pada eksterior dan memiliki mesin V12 yang telah disempurnakan sehingga mampu menghasilkan daya 365 hp dan tersedia pilihan transmisi otomatis.

Menurut Lamborghini, mereka telah memproduksi Jarama sebanyak 176 unit dan Jarama GTS sebanyak 152 unit.  Sangat langka kan?

 

Lamborghini Jarama GTS 1973

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *