Cara Memilih Helm Motor yang Aman

Memilih Helm yang Aman

Setelah memahami keuntungan menggunakan helm, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memilih helm motor yang aman dan nyaman untuk berkendara. Bagaimana cara memilih helm yang aman dan nyaman untuk kita? Cara memilih helm yang aman ini akan memudahkan kita pada saat kita disodori begitu banyak pilihan helm yang beredar di pasaran.

Double Visor Helm

Sejatinya helm diciptakan untuk melindungi kepala. Mengapa harus dilindungi? Karena kepala merupakan awal dari segala proses berpikir dan bertindak. Kegagalan dalam berproses di kepala akan menyebabkan tindakan yang tidak tepat dengan situasi dan kondisi.

Tetapi masih belum banyak yang menyadari fungsi sesungguhnya dari helm. Masih ada yang menggunakan untuk sekedar memenuhi kewajiban. Tetapi ada juga yang sudah menyadari bahwa helm memang dibutuhkan untuk melindungi kepala.

Sebelum mulai memilih helm, kita harus tanya pada diri sendiri dulu, apa tujuan memakai helm? Kalau hanya untuk sekedar menghindari kena tilang polisi, maka akan lebih banyak pilihan helm yang tersedia di pasaran.

Tetapi kalau tujuannya untuk melindungi kepala dan tetap nyaman untuk berkendara sepeda motor, maka ada beberapa kriteria yang harus kita penuhi, yaitu :

Bentuk. Bentuk helm yang paling aman adalah type Full Face, karena memberikan perlindungan di bagian depan dan memperkuat struktur helm itu sendiri.

Material. Pilih material helm yang memenuhi standar SNELL, DOT atau SNI. Tetapi bila helm tersebut sudah pernah terjatuh, maka material apapun yang digunakan, dianjurkan untuk tidak digunakan lagi, karena dikhawatirkan sudah terjadi perubahan mikro struktur sehingga mengurangi kekuatan helm tersebut.

Sulit untuk menentukan material helm tersebut bila hanya melihat secara visual. Cara paling mudah untuk menentukan adalah melihat emblem pemberi garansinya seperti merek atau sertifikasinya (SNI, DOT, SNELL)

Ukuran. Pilih ukuran yang pas dengan kepala. Tidak longgar sehingga dapat bergerak dan tidak sempit yang membuat kepala pusing dan mual bila menggunakannya dalam waktu lama.

Warna. Pilih warna terang sehingga terlihat pada saat terang maupun gelap. Lebih baik lagi bila terdapat stiker fluorescent, yang akan menyala bila terkena cahaya.

Nyaman. Pilih helm yang mempunyai ventilasi, untuk kesehatan dan kenyamanan kepala, dan kaca helm yang double visor. Visor yang terang untuk berkendara siang hari dan visor gelap untuk mengurangi penyilauan sehingga mata tidak mudah lelah.

Silahkan memilih helm motor yang aman dan nyaman untuk berkendara, sehingga kita terlindung dari potensi bahaya yang fatal apabila kita terlibat dalam sebuah kecelakaan.

 

Cara Memilih Helm Motor yang Aman

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.