Ford Mustang 4WD 1965 Super Langka

Ford Mustang 4WD 1965

PADA tahun 1965, Harry Ferguson Research membuat tiga prototipe mobil sport coupe yaitu Ford Mustang 1965 yang memiliki penggerak empat roda (4WD). Hal ini untuk meyakinkan Ford dan produsen lainnya soal kelebihan dari sistem penggerak empat roda.

Sekilas tentang Ford Mustang

Mobil Ford Mustang mulai diproduksi pada tahun 1964 oleh perusahaan otomotif Ford Motor Company di Amerika Serikat. Awalnya Ford Mustang merupakan pengembangan dari Ford Falcon generasi kedua dan mulai diperkenalkan ke umum tanggal 17 April 1964. Namun pada tahun 1965 Ford Mustang berhasil mencatatkan diri sebagai mobil tersukses dari produk Ford setelah Model A.

Nama Mustang pertama kali diusulkan oleh Robert J. Eggert, manajer riset pasar Ford, yang terinspirasi dari buku The Mustang karya J. Frank Dobie yang diperoleh dari istrinya sebagai hadiah ulang tahunnya, pada tahun 1960.  Kemudian, judul buku tersebut memberinya gagasan menambahkan nama “Mustang” untuk konsep mobil baru Ford.

Konvertibel Ford Mustang 1964
Konvertibel Ford Mustang 1964

Produksi Mustang dimulai pada bulan Maret 1964; mobil baru diperkenalkan ke publik pada 17 April 1964, di New York World’s Fair di Queens, dan dengan cepat menjadi ikon dan salah satu model mobil paling sukses dalam sejarah otomotif.

Ford Mustang mulai kembali diterima di pasar otomotif dunia pada tahun 1974 setelah konsep dan ukuran kendaraan kembali ke aslinya. Sebelumnya model Mustang produksi 1971-1973 memiliki model lebih besar dan lebih berat. Sejak itu juga terlihat beberapa generasi Platform dan desain.

Ford Mustang termasuk mobil legendaris sebagai sebuah Muscle Car dengan mesin bertenaga besar yaitu mesin V6 dan V8 yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 200-306 Horsepower. Sangat istimewa untuk ukuran mesin mobil di tahun era 1960-an.

Hingga saat ini Ford Mustang terus diproduksi dengan beberapa varian berbeda seperti tipe EcoBoost Fastback, EcoBoost Convertible, GT Fastback, Bullitt, dan beberapa tipe lainnya.

Ford Mustang 4WD 1965

PADA tahun 1965, Ford memproduksi mobil sport coupe yaitu Ford Mustang 1965 yang memiliki penggerak empat roda (4WD), hasil rancangan Ferguson yaitu ‘Ferguson Formula 4WD’. Hal ini didasari bahwa Ford berhasil membuat mobil Formula 1 4WD juara di musim balap 1960.

Tidak semua Ford Mustang dibuat dengan sistem 4WD. Hanya tiga model saja, sehingga, kendaraan ini termasuk dalam kategori mobil super langka. Salah satu kendaraan tersebut saat ini muncul dengan jarak tempuh pada odometer 73.000 mil (sekitar 117.500 kilometer) setelah dijalankan oleh dua pemiliknya yang berbeda.

Ford Mustang 4WD 1965 ini dijual di sebuah diler di Hampshire, Inggris dengan banderol harga 54.000 Poundsterling (sekitar Rp636 juta) yang selaras dengan nilai kondisi dan kelangkaan kendaraan tersebut.

Anehnya, sebagai kendaraan yang menghabiskan hidupnya di dataran Inggris, Mustang ini memiliki setir di sebelah kiri alias left-hand-drive. Cukup aneh mengingat bahwa negeri Putri Diana ini menganut setir kanan seperti di Indonesia.

Sepertinya hal itu karena pada saat proyek 4WD itu dijalankan, belum tersedianya Mustang versi setir kanan. Kendaraan yang sejatinya dibuat untuk menggambarkan manfaat sistem penggerak 4WD bahkan dilengkapi dengan prototipe sistem ABS Maxaret Dunlop.

Sayangnya mobil ini gagal membuat para petinggi Ford terkesan sehigga proyek ini tidak dilanjutkan. Namun dampaknya, justru menjadikan ketiga prototipe Mustang 4WD tersebut kini menjadi mobil dengan status super langka dan layak menjadi collector items.

 

Ford Mustang 4WD 1965

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *