Rem Mobil Berbunyi Bising

Ini Dia Faktor Rem Mobil Berbunyi Bising

Kanal Otomotif. Bunyi pekikan yang keluar dari mobil saat pengereman tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Dikhawatirkan ini pertanda rusaknya rem atau komponen lain yang masih tersambung. Saat anda mengemudikan mobil, anda mungkin mengalami kasus di mana rem mobil berdecit saat anda menginjak rem.

Faktor Rem Mobil Berbunyi Bising

Rem yang berbunyi ini bisa menjadi masalah dengan adanya rem di mobil anda, dari masalah kecil hingga masalah serius di mobil anda. Rem bising merupakan salah satu masalah yang sering ditemui selain mengganggu juga membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

Berikut ini beberapa Faktor Rem Mobil Berbunyi, serta solusi mengatasinya.

Terkena Cipratan Air

Salah satu penyebab rem mobil berdecit adalah karena cipratan air. Saat air memercik ke area rem mobil, saat anda menginjak rem, rem mobil akan mengeluarkan suara melengking. Namun jika penyebabnya adalah cipratan udara tidak perlu khawatir karena perlu waktu pengeringan, suara pekikan pada rem mobil juga akan hilang.

Adanya Debu atau Kotoran

Penyebab lain dari suara rem mobil adalah juga karena debu atau kotoran padat. Adanya debu atau kotoran pada rem bisa membantu saat proses pengereman, sehingga menimbulkan suara decitan saat anda mengerem.

Terkena Tetesan Minyak

Rem mobil juga bisa disebabkan oleh adanya tetesan oli. Adanya tetesan oli pada rem cakram dan bantalan rem membuat bagian ini semakin licin, dan saat pengereman diterapkan menimbulkan suara berisik.

Untuk mengatasinya tentunya anda perlu mengecek kebocoran oli dan segera memperbaiki kebocorannya. Selain menimbulkan masalah saat mobil direm, perbaikan oli juga bisa menurunkan performa mesin mobil anda. Karenanya, anda harus segera memperbaiki masalah kebocoran ini setelah mengetahuinya.

Apa Saja Faktor Rem Mobil Berbunyi Bising?

Berkendara Saat Hujan

Apakah anda memperhatikan bahwa suara rem mobil sering terdengar saat melaju saat hujan atau saat melewati genangan air? Jika demikian, maka alasan sistem pengereman kendaraan menimbulkan kebisingan adalah karena percikan air.

Saat berkendara di aspal basah, cipratan air timbul akibat gesekan kendaraan dengan jalan. Percikan kemudian mengenai cakram, sehingga rem mobil mengeluarkan suara yang agak keras. AutoFamily tidak perlu khawatir dengan sistem pengereman yang berbunyi jika mengemudi di saat hujan. Sebab, masalah akan terselesaikan dengan sendirinya.

Lebih Sedikit Pelumas pada Pedal Rem

Suara rem mobil tidak selalu disebabkan oleh hal-hal yang berasal dari luar seperti air, tanah, debu, dan kotoran. Bunyi berdecit juga bisa datang dari dalam kendaraan yang menandakan pedal rem tidak dilumasi. Karena kurangnya pelumasan maka gesekan akan keras sehingga menimbulkan bunyi. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa meminta bengkel untuk memperbaiki pedal rem.

Kampas Rem Habis

Jika masalahnya adalah kampas rem anda hampir habis, maka satu-satunya solusi yang dapat anda lakukan adalah mengunjungi bengkel. Mekanik akan memperbaiki dan mengganti bantalan rem dengan yang baru. Saat ini dilakukan, pastikan anda selalu menggunakan bantalan rem yang asli dan berkualitas.

Rem mobil yang berbunyi ini bisa anda hindari dengan rajin membersihkan bagian rem secara rutin serta melakukan perawatan dan servis rutin ke bengkel, sehingga jika anda mengalami masalah mobil termasuk masalah rem, anda dapat segera mengakses dan mengatasinya dengan bantuan.

Sekian ulasan tentang Faktor Rem Mobil Berbunyi, semoga bermanfaat.

 

Rem Mobil Berbunyi Bising

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *