Inilah 7 Penyebab Mobil Terbakar

Mobil terbakar

Banyak berita atau informasi tentang mobil terbakar. Mobil terbakar saja tentu merupakan kejadian yang sangat tidak diinginkan semua orang, bukan hanya pemilik mobil. Kerugian yang ditimbulkan bisa jadi bukan hanya bagi pengemudi atau penumpang mobil tersebut. Tetapi kejadian tersebut dapat merembet ke pengguna jalan yang lain dan akhirnya menimbulkan kerugian yang sangat besar dan meluas.

Penyebab Mobil Terbakar

Dari beberapa kejadian kebakaran berikut 7 penyebab yang sering terjadi menimbulkan mobil terbakar.

1. Dibakar.

Ini adalah penyebab yang paling mudah di pahami. Karena mobil yang mengandung material yang mudah terbakar tentu saja akan mudah terbakar pada saat dibakar.

Pertanyaan yang muncul adalah mengapa mobil tersebut dibakar. Bisa jadi karena mobil tersebut terjebak di area konflik atau kerusuhan, tetapi bisa juga karena ingin melakukan tindakan kriminal seperti menipu asuransi.

2. Cacat produksi.

Cacat produksi tidak hanya terjadi pada mobil low end tetapi mobil high end pun banyak yang mengalami kesalahan proses produksi pada produknya. Penting bagi para pemilik mobil untuk mengupdate informasi terkait mobil yang dimiliki.

Beberapa produsen melakukan recall atau pemberitahuan kepada pemilik mobil untuk segera mengunjungi bengkel resmi mereka karena adanya beberapa komponen yang perlu diganti atau diperbaiki. Dan apabila hal tersebut tidak dilakukan, dikawatirkan terjadi masalah yang lebih serius pada mobil kita.

Terkadang masalah belum muncul tetapi produsen sudah melihat adanya potensi terjadinya masalah tersebut. Apabila mendapat pemberitahuan ini, pemilik harus segera melakukan tindakan yang direkomendasikan oleh produsen, jangan menunggu hingga masalah muncul terlebih dahulu.

3. Mesin terlalu panas.

Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan bagian-bagian (cairan) pada mobil mengalami perubahan yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Penting untuk melakukan pendinginan atau istirahat bagi mesin agar temperatur mesin tetap terjaga dan tidak melebihi batas yang diijinkan.

Catalytic converter dapat menjadi sangat panas jika bekerja terlalu keras memproses polusi pembuangan yang berlebihan dan melampaui kemampuannya. Walaupun mobil telah dirancang untuk dapat menahan panas catalytic converter, namun pada suhu yang berlebihan, catalytic converter dapat memicu terbakarnya lapisan isolasi didalam kabin seperti karpet dan sebagainya.

4. Kebocoran sistem bahan bakar.

Sesuai dengan fungsinya sebagai bahan bakar, maka sangat berbahaya sekali apabila bahan bakar tersebut terbakar di luar saluran kerjanya. Hal ini dapat memicu terjadinya kebakaran pada mobil.

5. Kebocoran sistem kelistrikan.

Api pada sistem pembakaran mobil bermula dari listrik. Listrik yang menyala di luar dari sistem kelistrikan sangat berbahaya dan memicu terjadinya kebakaran.

Penambahan beban (lampu modifikasi, klakson dsb) pada sistem kelistrikan melebihi batas yang mampu didukung dapat menyebabkan konsleting yang berpotensi memicu kebakaran.

6. Kebocoran cairan.

Cairan yang digunakan pada mesin mobil umumnya berbasis minyak yang memungkinkan untuk terbakar. Cairan yang berada di luar sistem cairan tersebut akan memicu terjadinya api yang selanjutnya dapat terjadi kebakaran.

7. Kecelakaan.

Sering kita lihat kecelakaan mobil yang kemudian diakhiri dengan mobil yang terbakar. Kecelakaan akan menyebabkan beberapa bagian pada mobil terbentur dengan bagian lain. Benturan tersebut dapat menyebabkan kebocoran atau kerusakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Dengan mengetahui penyebab-penyebab mobil terbakar, kita dapat melakukan pemeriksaan dan perawatan secara teratur untuk mencegah mobil terbakar dan segera meninggalkan atau menjauhi mobil yang mengalami kecelakaan, karena benturan di dalamnya dapat memicu terjadinya kecelakaan.

 

7 Penyebab Mobil Terbakar

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.