Jenis dan Fungsi Sparepart Kendaraan Motor

Jenis dan Fungsi Sparepart Standard Sepeda Motor

Bagi pengguna motor seharus terlebih dahulu mengenal dan memahami jenis-jenis sparepart  sepeda motor dan penggunaannya. Apa sparepart kendaraan Motor itu? Sparepart adalah barang yang terdiri dari lebih dari satu komponen yang membentuk satu unit dan memiliki fungsi spesifik untuk setiap alat berat. Jika Anda tidak mengerti, inilah standar sparepart (onderdil) motor yang dikutip dari laman kumau.info.

Jenis Jenis Sparepart Kendaraan Bermotor

Ban

Ban adalah komponen penting dari sepeda motor karena ban adalah titik tumpu dari sepeda motor. Jika tidak ada ban, tentu saja motor tidak bisa berjalan. Di pasaran ban dibagi menjadi dua jenis yaitu, ban biasa yang membutuhkan ban dalam dan ban tubular. Jika Anda membeli ban dengan kualitas terbaik dan memiliki masa penggunaan 1-2 tahun, lebih baik jika melewati periode itu segera ganti dengan ban baru.

Kampas rem dan tali rem

Rem adalah hal terpenting dalam berkendara baik dengan sepeda motor maupun mobil. Fungsi rem untuk mengontrol kecepatan kendaraan, jika motor tidak dilengkapi dengan rem, pasti ada banyak kecelakaan.

Oli

Oli juga merupakan komponen penting dalam motor karena oli berfungsi sebagai pelumas di mesin. Jika oli pelumas tidak cocok untuk digunakan itu pasti akan merusak mesin terutama jika motor digunakan untuk perjalanan jauh. Mesin akan rusak dan macet dan dapat mempengaruhi komponen lainnya. Jadi cobalah ganti oli setidaknya sebulan sekali.

Baterai (Aki) Sepeda Motor

Baterai juga merupakan komponen penting dari motor dan harus dipertimbangkan. Usahakan selalu memeriksa baterai secara teratur, karena baterai berfungsi sebagai pemasok daya untuk menghidupkan motor dan sebagai catu daya cadangan untuk keperluan mesin dan aksesori listrik pada motor.

Lampu

Sekarang lampu sudah menjadi komponen penting dalam berkendara. Karena sekarang ada aturan untuk selalu menyalakan lampu saat berkendara walaupun siang hari. Lampu juga terkait dengan baterai, jika cahaya terang berarti baterai dalam keadaan optimal.

Apa Jenis dan Fungsi Sparepart Motor?

Busi

Sama halnya dengan ban, rantai dan baterai. Tanpa busa motor tidak dapat digunakan. Busi berfungsi sebagai pemantik sehingga dengan busi dapat membakar bahan bakar dan motor dapat berjalan. Kami menyarankan Anda menyediakan busi cadangan jika ada masalah di tengah jalan.

Rantai

Bagi yang memiliki motor rantai merupakan komponen penting. Jika rantai tidak memiliki roda tidak bisa berputar. Karena itu, periksa rantai sepeda motor Anda setiap hari untuk menghindari jika putus di tengah jalan.

Tali gas

Komponen ini juga merupakan bagian terpenting, jika tali gas macet atau putus saat bepergian dapat menyusahkan dan akan sangat berbahaya karena dapat membuat mesin di luar kendali. Tali gas harus dirawat secara teratur sehingga kita tahu apakah tali gas itu baik atau tidak.

3 Jenis Sparepart Sepeda Motor Yang Sering Bermasalah

Bantalan Rem

Rem secara harfiah pada motor akan selalu digunakan untuk mengurangi atau menghentikan kecepatan kendaraan. Proses pengereman melibatkan gesekan antara kampas rem dengan bagian khusus pada roda motor. Biasanya kampas rem dibuat dari bahan yang mudah erosi dan haus sehingga terjadi gesekan.

Baterai Sepeda Motor

Sparepart kendaraan bermotor lain yang juga sering bermasalah adalah baterai motor. Sebenarnya baterai pada motor memiliki fungsi vital dalam aspek pengapian motor. Kendaraan Anda tidak akan dapat digunakan jika baterai bermasalah.

Biasanya baterai bermasalah akan muncul ketika motor sulit untuk mulai menggunakan starter, suara klakson tidak terlalu keras, dan lampu redup atau cenderung tidak menyala. Jika beberapa dari ini terjadi, maka coba periksa baterai sepeda motor Anda.

Lampu depan

Jenis Sparepart untuk Motor yang mudah bermasalah adalah lampu di bagian depan motor. Lampu ini rentan terhadap masalah karena sering digunakan saat mengemudi.

Apalagi jika saat ini hampir semua motor harus menyalakan lampu di siang dan malam hari. Karena itu, agar lampu motor bisa bertahan lama, sebaiknya gunakan lampu motor yang benar-benar berkualitas tinggi dan semoga saja artikel ini bermanfaat.

sumber: https://www.kumau.info/ketahui-jenis-dan-fungsi-sparepart-kendaraan-motor

 

Jenis dan Fungsi Sparepart Motor

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *