Mobil Listrik Columbia Electric Landaulet Buatan 1899 Terjual Rp 4,7 Miliar

Columbia Electric Landaulet

SALAH satu mobil listrik bertenaga baterai generasi awal yaitu Columbia Electric Landaulet buatan 1899 tercatat sebagai kendaraan listrik antik. Kendaraan ini disajikan bersama sejarah panjang yang cukup singkat untuk diceritakan.

Sekilas Perkembangan Mobil Listrik

Mobil listrik awalnya diartikan secara harfiah merupakan kereta tanpa kuda. Tenaga kuda telah digantikan oleh beberapa motor listrik besar untuk menggerakkan roda belakang melalui ring gear internal.

Mobil listrik sempat populer pada pertengahan abad ke-19 saat listrik dipilih sebagai penggerak utama pada roda kendaraan yang masih mirip dengan kereta kuda. Mobil listrik menawarkan kenyamanan dan pengoperasian yang mudah yang tidak mampu dicapai oleh kendaraan-kendaraan bermesin motor kala itu.

Hanya saja, perkembangan teknologi kendaraan motor yang semakin maju, termasuk kemampuan menempuh jarak yang semakin jauh, pengisian bahan bakar yang semakin cepat dan pompa pengisian semakin lebih banyak, ditambah lagi dengan sistem produksi massal yang diterapkan oleh Ford Motor Company, membuat kendaraan motor semakin disukai masyarakat dibandingkan mobil listrik.

Lambat laun popularitas mobil listrik semakin menurun, ditambah lagi dengan harga mobil motor yang turun drastis sampai setengah dari harga mobil listrik, menjadikan mobil listrik menjadi semakin tidak populer, dan secara total mulai menghilang di pasaran otomotif, pada tahun 1930-an.

Columbia Electric Landaulet

Pada 1896 Kolonel Albert Pope menjadi produsen sepeda nasional terbesar di Boston Amerika Serikat dan ia berniat merintis jalan ke industri otomotif. Di akhir tahun, Pope menyelesaikan eksperimen kendaraan listrik.

Pada 1897 ia menggaet Hiram Percy Maxim sebagai pemimpin perusahaan di pabrik divisi kereta bermotor. Pada 1899 lahirlah Columbia Electric Landaulet. Perusahaan ini bertahan hingga 1913.

Mobil listrik Columbia Electric Landaulet ini diyakini telah digunakan untuk mengangkut orang-orang penting (VIP) di New York City pada awal abad ke-20.

Kendaraan itu kemudian diambil alih oleh pemilik perkebunan di South Carolina. Dan dimasukkan ke dalam penyimpanan beberapa tahun kemudian, karena kurangnya stasiun pengisian listrik di pedesaan Amerika serta popularitas yang menurun akibat mobil pembakaran minyak.

Mobil Listrik Columbia Electric Landaulet Buatan 1899 Terjual Rp 4,7 Miliar

Mobil Listrik Columbia Electric Landaulet ditemukan di sebuah rumah kereta koleksi Cedar Crossing James Cousen pada tahun 1976 dan dipugar sepenuhnya. Hal ini diyakini merupakan mobil terakhir yang tersisa dari jenis ini dan diyakini merupakan satu-satunya yang dibangun dengan dilengkapi atap yang dapat disetel dalam tiga cara.

Columbia Electric Landaulet ini dijual oleh balai lelang RM Auction pada 19 Agustus 2013. Ini merupakan sebuah karya luar biasa sebuah rekayasa tehnik dari awal abad 20. Kendaraan ini berhasil membukukan penawaran tertinggi US$550 ribu (sekitar Rp 4,7 miliar).

Mobil Columbia Electric Landaulet buatan tahun 1899 ini masuk dalam buku rekor sebagai kendaraan listrik orisinal antik paling mahal dalam sejarah pelelangan. Seperti layaknya kendaraan yang sudah berusia lebih dari 100 tahun, tentu aja kita sulit menemukan dokumentasi dan memerlukan langkah restorasi.

Perkembangan Mobil Listrik

Bagaimanapun juga, saat ini semakin banyak orang yang mulai sadar terhadap lingkungan akibat dampak yang ditimbulkan oleh mobil berbahan bakar minyak, serta ditambah minyak bumi yang semakin langka dan semakin mahal, maka mobil listrik kembali diminati.

Mobil listrik saat ini (meskipun relatif masih mahal) namun dapat menempuh perjalanan yang cukup jauh, ramah lingkungan sekitar dibandingkan dari mobil bensin, biaya perawatan semakin murah, ditambah teknologi baterai yang semakin maju. Mobil listrik mulai mendapat lagi popularitasnya di beberapa negara di dunia setelah sekian lama menghilang.

 

Mobil Listrik Columbia Electric Landaulet Buatan 1899

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *