Prototipe Awal Mobil Listrik Honda MC-β

Mobil Listrik Honda MC-β

Honda telah meluncurkan prototipe mobil komuter yang sangat kecil dan tampak seperti pesawat ruang angkasa. MC-β –atau Micro Commuter Beta – ini adalah usaha ketiga Honda untuk menciptakan mobil komuter listrik futuristik kecil.

Prototipe Mobil Listrik Honda pertama adalah Micro Commuter asli yang muncul pada tahun 2011 dan tampak lebih bersudut dan futuristik. Honda juga menunjukkan kepada kita versi yang dikerjakan ulang pada tahun 2012. Dan yang ketiga, pada tahun 2014 mobil komuter ini kembali menggunakan lengkungan dan bersudut seperti pendahulunya, tetapi masih mempertahankan tema futuristik dan interior mungil.

Mobil Listrik Honda MC-β ini menawarkan mobil komuter yang kecil dan efisien. Meskipun tampak relatif kecil, mobil berukuran mikro yang efisien dengan nyaman menampung dua orang berukuran dewasa karena memiliki kabin yang sangat lapang untuk ukurannya.

Honda benar-benar melakukan pemikiran dan perencanaan bodi yang matang untuk membuat benda ini lapang seperti apa adanya. Mobil super kompak ini juga menampilkan lukisan otomotif perak dan putih yang ramping , dan bodi montok yang aerodinamis.

Dengan radius belok minimum 3,3 meter, ia mencapai beberapa penanganan yang cukup mudah, bahkan tanpa power steering. Namun saat belokan dengan kencang sedikit menantang, karena setirnya agak berat.

Dirancang untuk mengurangi biaya dan dampak lingkungan, Mobil Listrik Honda MC-β ini diharapkan untuk menggantikan mobil dengan bahan bakar minyak yang boros serta mengurangi emisi berbahaya.

Yang cukup menarik dari Mobil Listrik Honda MC-β ini adalah bodi mobil yang ringan dan mungil ini dirancang oleh divisi sepeda motor Honda, dan bukan oleh teknisi mobil. Agak masuk akal, karena lebih seperti quadracycle daripada mobil.

Kekuatan Mobil Listrik Honda MC-β ini berasal dari paket baterai lithium-ion yang membutuhkan waktu kurang dari tiga jam untuk mengisi daya dari colokan 200 volt dan menempuh jarak hingga 50 mil di antara pengisian daya. Listrik memberikan 6 kW energi, yaitu sekitar 8 tenaga kuda atau lebih. Sungguh, ini memiliki lebih banyak kesamaan dengan skuter motor daripada mobil, satu-satunya perbedaan adalah Anda duduk dengan nyaman di dalam ruangan.

Mobil Listrik Honda MC-β ini menggabungkan energi terbarukan, seperti tenaga surya. Di Jepang, Toshiba dan Honda bermitra untuk melihat seberapa baik tenaga surya untuk kendaraan listrik dan mencoba perjalanan jarak jauh dan berhasil berperingkat kendaraan dalam kota.

Honda Motor Company dan Honda R & D meluncurkan Honda MC-β ini  pada Januari 2014. Dan Toshiba telah membangun kendaraan listrik Stasiun pengisian di tiga lokasi yaitu di kantor pemerintah Shimoji, Gusukube, dan Irabu. Stasiun pengisian yang bertenaga surya dan memiliki onboard baterai lithium-ion pack untuk menyimpan energi sampai dibutuhkan. Toshiba juga memproduksi baterai untuk kendaraan listrik prototipe, yang akan diberikan oleh Honda Motor Company.

Jadi, meski belum siap dipasarkan, langkah yang dibuat Honda dengan mobil komuter yang efisien dan hemat biaya bisa berarti hal besar di masa depan.

 

Prototipe Awal Mobil Listrik Honda MC-β

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.