Sepeda Motor Indian Camelback Berusia 105 Tahun

Indian Camelback 1906

SEBUAH sepeda motor super duper langka dan sangat tua muncul di sebuah pelelangan di Las Vegas. Sepeda motor Indian Camelback 1906 menghasilkan ribuan dolar di balai pelelangan Bonhams di Las Vegas pada 12 Januari 2012.

Indian Camelback 1906 dengan mesin berkekuatan 2,25 hp dan mampu berlari hingga kecepatan 48,2 km/jam ini sudah lebih dari 40 tahun tidak pernah dikendarai. Meskipun dalam kondisi berkarat motor langka nan klasik ini diperkirakan bisa terjual US$75.000 (sekitar Rp686.400.000).

Saat terjual, sepeda motor berusia 105 tahun ini tidak akan dikendarai oleh pemilik barunya. Meskipun tidak layak untuk dikendarai, namun sebaliknya kendaraan ini jauh lebih layak untuk dijadikan barang pameran.

“Sepeda motor ini sengaja dibiarkan seperti ini karena jika direstorasi, itu justru akan menghilangkan nilai keasliannya,” ujar Ben Walker dari rumah lelang Bonhams kepada Daiy Mail.

“Indian merupakan saingan berat Harley-Davidson dan menempati garis terdepan saat mereka berevolusi dari sepeda ke sepeda motor. Ini pernah menjadi mesin cepat namun dengan sistem pengereman yang kurang baik di awal kelahirannya. Itu karena kendaraan ini masih menganut sistem rem yang sama dengan sepeda.” tuturnya.

Indian Camelback hanya dibuat dalam jumlah 1.698 unit. Sepeda motor antik yang akan dilelang ini merupakan milik keluarga duPont, yang membeli nya dari ‘Indian Motorcycle Manufacturing Company’ dan terakhir mengendarainya di tahun ’70-an.

Sepeda Motor Indian

George Hendee, seorang juara balap sepeda dan produsen sepeda, dan Carl Hedstrom, pembuat “perintis” balap sepeda, bertemu pada akhir tahun 1890-an. Mereka mulai membuat prototipe pertama untuk sepeda motor produksi pada tahun 1901. Bersama-sama mereka menciptakan mesin yang disempurnakan, salah satu sepeda motor produksi massal pertama di Amerika.

Sepeda Motor Indian

Sepeda Motor Indian hadir pertama kali pada tahun 1901 dan sekarang menjadi motor legendaris. Mulai tahun 1902 sepeda Motor Indian diproduksi masal dan dijual ke pasaran. Pada tahun 1905 hanya sekitar 1000 motor Indian yang telah diproduksi.

Sepeda Motor Indian dengan mesin yang digerakkan oleh rantai yang ditenagai oleh motor “F-Head” 15,85ci (260cc) silinder tunggal (intake over exhaust). Mesin ini membentuk bagian dari “bingkai berlian” yang miring ke belakang yang bertindak sebagai kursi tabung dan mewakili desain canggih pada waktu itu.

Single Indian terbukti sangat sukses dan diproduksi secara substansial tidak berubah sampai sekitar tahun 1905, ketika garpu depan bermunculan dan throttle twist-grip dan pengapian diperkenalkan sebagai kenyamanan modern.

Produksi mesin untuk Sepeda Motor Indian disubkontrakkan ke Aurora Automatic Machinery Company (yang telah memasok suku cadang sepeda Hendee) antara tahun 1902 dan 1907, sedangkan suku cadang rangka dan sepeda sama-sama dialihdayakan ke Thor (dimiliki oleh Aurora).

Pada tahun 1907 insinyur Hedstrom telah merancang dan mematenkan karburator yang lebih baik; induksi adalah kelemahan mesin pembakaran internal awal. Dengan pembalap bintang Jake DeRosier, Indian adalah kekuatan yang harus diperhitungkan di kancah balap papan trek Amerika yang sedang booming. Hedstrom terus membuat mesin balap yang lebih baik, paling sering berada di depan persaingan, dan membantu menjual sepeda motor “jalanan” kepada publik.

Manufaktur semua sepeda motor Indian dan yang terkait dengan perusahaan Springfield, Massachusetts berhenti pada tahun 1953. Sejak saat itu merek tersebut telah dihidupkan kembali beberapa kali dan sekarang menjadi merek yang kuat di dalam Polaris Industries of Minnesota.

 

Sepeda motor Indian Camelback 1906

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *