Tips Manajemen Mobil yang Baik dan Benar

Manajemen Mobil yang Baik dan Benar

Kanal Otomotif – Dalam pengelolaan mobil, banyak pemilik mobil yang sering kali meremehkan perawatan mobil mereka sendiri, baik ketika mobil dipakai dalam perjalanan maupun saat tidak dipakai.

Tips Manajemen Mobil yang Baik dan Benar

Dibawah ini kami telah menyusun daftar cara mudah untuk membantu membuat mobil anda lebih ramah lingkungan yang dapat anda terapkan dalam dalam pemakaian mobil anda sehari-hari.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Mobil yang terawat tentunya akan berdampak positif bagi lingkungan. Oleh karena itu anda perlu memperhatikan Manajemen Mobil yang baik, seperti membuat jadwal rutin perawatan mobil sesuai rekomendasi pabrik. Dengan melakukan pemeliharaan rutin pada mobil, maka penggunaan mobil akan berjalan lebih efisien, mengurangi emisi gas buang, dan dapat menghemat uang anda dalam jangka panjang.

Perawatan rutin yang perlu anda lakukan, meliputi: mengganti oli, mengganti busi dan kabel, mengganti filter bahan bakar dan udara, dan memeriksa sistem kontrol komputer on board anda untuk menghindari sistem error.

Perhatikan Tekanan Udara dalam Ban

Menjaga ban dengan tekanan yang tepat, tidak hanya dapat meningkatkan jarak tempuh dan menghemat bahan bakar, serta meningkatkan keselamatan mobil anda, tetapi juga dapat membantu memperpanjang umur ban mobil anda. Jadi, sempatkan diri anda untuk sekedar memeriksa tekanan ban mobil anda setiap bulannya di bengkel terdekat. Penting untuk memeriksa ban anda saat cuaca tidak menentu, karena suhu juga memengaruhi tekanan udara di ban mobil anda.

Gunakan Kualitas Ban yang Bagus

Ban dengan kualitas bagus, menjadi pilihan terbaik bagi siapa pun yang ingin menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman. Ban jenis ini memiliki hambatan guling yang rendah, yang berarti ban ini membutuhkan lebih sedikit energi ketika berputar. Semakin mudah ban menggelinding, semakin sedikit gesekan yang dihasilkan. Jika gesekan yang terjadi lebih rendah, berarti lebih sedikit bahan bakar yang dibutuhkan ketika mobil berjalan.

Kurangi Muatan dalam Mobil

Semakin banyak anda menyimpan barang di dalam mobil, maka semakin banyak pula bahan bakar yang dipakai, karena mesin mobil anda akan bekerja lebih keras untuk mengangkut muatan itu. Biasanya orang yang menambah rak di atap mobil, hal ini tentunya akan menambah beban bagi mobil, sebaiknya lepaskan rak tersebut saat tidak dibutuhkan.

Berkendara dengan Kecepatan Stabil

Ketika anda berkendara di jalan raya yang sepi, anda pasti tergoda untuk mendorong sedikit tuas gas. Namun mempertahankan kecepatan dengan stabil dan mengurangi melakukan pengereman, dapat membantu menghemat banyak bahan bakar. Mengemudi secara agresif (ngebut) dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 15-30%. Meskipun kecepatan optimal untuk efisiensi bahan bakar bervariasi menurut kendaraan, biasanya antara 35-50 mph.

Kurangi Pengereman

Pengereman yang sering tidak hanya membuat rem anda lebih cepat aus, tetapi juga dapat membakar gas lebih cepat. Karena setiap kali anda melakukan pengereman, disitu mobil anda akan kembali ke kecepatan semula. Sebelum hal ini terjadi, cobalah untuk mengantisipasi jalan di depan anda sebaik mungkin.

Matikan Mesin Mobil Saat Diparkir

Diantara kita mungkin pernah memarkir mobil dengan membiarkan mesinnya menyala. Mungkin jika hanya dalam waktu singkat, hal ini tidak bermasalah. Namun jika dibiarkan terus menerus, hal ini akan merugikan untuk diri anda, sebab bahan bakar akan terbuang percuma. Sekian ulasan tentang Tips Manajemen Mobil, semoga bermanfaat.

 

Tips Manajemen Mobil yang Baik dan Benar

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *