Membeli Motor Honda Bekas

Tips Membeli Motor Honda Bekas

Kanal Otomotif. Sepeda motor bekas (second) menjadi pilihan banyak orang ketika hendak membeli kendaraan. Tingginya harga jual sepeda motor menjadi alasan sebagian masyarakat lebih memilih sepeda motor bekas. Namun, apakah harga yang murah akan menjamin kondisi motor tersebut?

Tips Membeli Motor Honda Second

Masih banyak hal yang harus diperhatikan saat membeli motor second atau bekas. Pasalnya, ada beberapa sepeda motor yang dijual dalam kondisi kurang prima. Untuk menghindari hal tersebut, berikut Tips Membeli Motor Honda bekas yang bisa anda pelajari.

Tentukan Motor yang Akan Dibeli

Menentukan jenis motor sebelum membeli merupakan hal yang wajib anda lakukan. Motor honda sendiri terdiri dari banyak varian, mulai dari honda vario, honda beat, honda cbr, dan lain sebagainya. Pastikan anda mengetahui motor mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, mengetahui jenis motor akan membantu anda dalam menentukan patokan harga beli yang sesuai dengan pasar.

Mengetahui Harga Pasar

Seringkali pembeli yang membeli motor bekas mengalami overprices alias harga yang kendaraannya sudah lebih mahal dari pada jenis dan kualitas kendaraannya. Sebelum membeli tidak ada salahnya jika mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga motor di pasaran motor bekas. Anda bisa mengecek internet atau bertanya pada ahlinya.

Setelah mengetahui harga pasaran motor bekas, yang harus anda lakukan hanyalah menyesuaikan harganya dengan kondisi barang tersebut. Jika ada kekurangan motor Honda yang ditawarkan, anda bisa menawar harga motor tersebut hingga Anda menemukan kesepakatan antara kedua pihak.

Apa Saja Tips Membeli Motor Honda Bekas?

Hati-Hati dalam Memilih Penjual

Perlu diketahui, belakangan ini banyak terjadi penipuan dengan berkedok jual beli motor bekas Honda. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa mencari penjual motor bekas terpercaya. Reputasi yang baik dari seorang penjual biasanya didapat dari pelayanan yang prima.

Periksa Kelengkapan Suratnya

Sebelum bertransaksi, anda wajib mengecek dokumen kendaraan, seperti STNK dan BPKB. Hal ini agar anda mengetahui tipe, tipe motor, dan kesesuaian antara nomor rangka dengan nomor mesin kendaraan. Kelengkapan surat juga digunakan untuk mengetahui identitas pemilik asli kendaraan tersebut.

Cek Kondisi Body Motor

Hal yang biasa dilakukan calon pembeli sebelum membeli motor bekas adalah melihat kondisi bodi. Semua calon pembeli pasti akan mendambakan motor bekas yang masih terlihat mulus dan berkilau. Pastikan seluruh body motor dalam keadaan mulus tanpa goresan atau pun dempul.

Jangan lupa tanyakan apakah spare part tersebut masih asli atau sudah diganti tiruan. Suku cadang asli memiliki nilai lebih dari suku cadang tiruan. Pastikan anda menanyakan semua aspek untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan mudah tergiur karena ini bisa berdampak negatif bagi anda.

Periksa Oli dan Speedometer

Minta penjual untuk membuka penutup oli. Jangan sampai volume oli di dalam tangki. Ingat, oli berlebih bisa mengurangi suara mesin, yang notabene mesin berisik dan kasar. Selain itu, pengecekan spidometer juga harus hati-hati. Perhatikan jarak yang ditempuh motor bekas Honda. Pastikan juga indikator bensin, indikator lampu, dan penghitung jarak masih berfungsi dengan baik.

Itulah Tips Membeli Motor Honda bekas yang bisa anda lakukan. Memahami kondisi motor bekas serta memberikan penawaran yang sesuai merupakan kombinasi yang pas. Namun, jika anda ingin membeli motor dalam kondisi baru namun tidak memiliki uang tunai, manfaatkan layanan kredit motor Honda.

 

Tips Membeli Motor Honda Bekas

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *