Aliran Custom (Modifikasi) Motor

Mengenal 8 Aliran Custom (Modifikasi) Motor

Kanal Otomotif. Pengertian Custom (Modifikasi) Motor adalah motor yang dibangun kembali atau dirakit secara perseorangan sesuai keinginannya. Jadi, hasil akhirnya bukan seperti motor pada umumnya yang baru dibeli di sebuah diler motor.

Memodifikasi atau meng-custom motor sudah sejak dulu dilakukan baik itu oleh individu maupun komunitas motor dengan berbagai alasan. Namun ternyata untuk motor custom sendiri banyak aliran atau jenisnya. Terkadang bisa menjadi bingung menentukan apa saja macam-macam aliran modifikasi motor itu.

8 Aliran Custom (Modifikasi) Motor

Tidak sedikit juga bentuknya mirip tapi nama aliran modifikasinya berbeda. Untuk itu akan dijelaskan macam-macam tren aliran modifikasi motor custom, dari berbagai aliran modifikasi motor custom yang dikutip dari laman Seva.id.

1. Aliran Chopper

Aliran Chopper

Aliran ini mempunyai ciri khas dengan kaki-kaki depan yang panjang. Sehingga, rangka dari motor ini harus didesain secara khusus alias custom yang harus disesuaikan dengan kemiringan serta panjang dari fork atau garpunya.

Diameter ban depan cenderung lebih besar dibanding belakang, bentuk setang juga tinggi dan jok rendah. Sehingga Chopper sendiri sangat cocok untuk berkendara santai.

2. Aliran Bobber

Aliran Bobber

Aliran modifikasi Bobber punya ciri atau identik dengan roda depan maupun belakang yang bisa dibilang cenderung lebih besar dan kekar. Motor dengan aliran Bobber seperti ini pada umumnya masih nyaman untuk digunakan untuk harian atau sekedar santai berkeliling-keliling kota.

Dibandingkan dengan aliran Chopper, motor dengan aliran Bobber ternyata lebih dulu dikenal di masyarakat pencinta motor. Kedua motor tersebut memiliki prinsip yang sama, yakni memodifikasi dengan cara memotong beberapa bagian dari motor itu sendiri. Namun, bedanya dengan Chopper, Bobber masih memiliki sasis yang tetap standar.

3. Aliran Cafe Racer

Aliran Cafe Racer

Aliran Cafe Racer ini bisa dibilang sebagai aliran modifikasi motor custom yang mengadopsi tampilan motor balap pada zaman dahulu. Cafe Racer identik dengan menggunakan setang tipe jepit, jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang dan ke atas.

Tangki motor dibuat ramping dan memanjang. Aliran Cafe Racer kadang terlihat dengan 2 bentuk sesuai selera pemilik yakni, tanpa fairing dan satu lagi dengan menggunakan fairing.

4. Aliran Jap’s Style

Aliran Jap’s Style

Jap’s Style tergolong modifikasi motor custom yang cenderung nyaman apabila digunakan untuk dikemudikan di jalan karena menggunakan ban besar dan lebar. Modifikasi yang mengikuti aliran Jap’s Style adalah dengan membentuk tangki bensin yang lebih mengecil, sehingga tampak lebih simpel.

Demi kenyamanan berkendara pengemudinya jok motor dibuat menjadi lebih kecil dan bertipe single jok dan posisi joknya harus lebih rendah daripada tangki bensinnya. Motor ini menggunakan stang semi hanger, serta dilengkapi dengan bentuk lampu depan dan belakang yang kecil.

5. Aliran Scrambler

Aliran Scrambler

Untuk yang doyan melahap jalanan bergelombang atau off-road, aliran modifikasi motor custom ini sangat cocok, Scrambler.

Aliran modifikasi Scrambler menggunakan ban depan dan belakang dengan bentuk dan alur kotak-kotak atau trail dan dengan knalpot motor yang berada di samping motor.

6. Aliran Hot Rod

Aliran Hot Rod

Untuk para muscle car mania, nampaknya cocok banget sama modifikasi motor custom yang satu ini. Sebenarnya aliran Hot Rod tidak ada ciri khas tampilan tertentu. Hanya saja, biasanya motor ini di-custom dengan menggunakan mesin mobil yang sudah tidak layak jalan.

Tetapi, dengan adanya sentuhan para mekanik yang lihai, mesin mobil tersebut dapat ditanam di sasis motor Hot Rod ini. Di dalam komunitas biker, tampilan cat sangar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih) biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran Hot Rod.

7. Aliran Supermoto

Aliran Supermoto

Penganut modif jenis ini, harus merubah total penampilan motornya terutama kaki-kaki. Cirinya adalah suspensi yang panjang, ban model kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, setang rata, knalpot undertail, ditambah oprekan mesin buat meningkatkan torsi.

Mirip dengan motor trail, modif Supermoto memiliki jenis ban yang berbeda, umumnya menggunakan ban khusus aspal atau yg memiliki profil kembang tahu. Diameter pelek berukuran 17 inci dengan tapak lebar.

8. Aliran Streetfighter

Aliran Streetfighter

Awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing, beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya.

Ciri ubahan streetfighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, simpelnya penerang jalan, stang kemudi model flat.

Dari 8 jenis modifikasi motor custom di atas, mana yang paling cocok untuk motor kamu?

 

Aliran Custom (Modifikasi) Motor

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *