Tips Hilangkan Noda Aspal pada Mobil

Noda Aspal pada Mobil

Punya mobil dengan penampilan selalu kinclong tentu menjadi idaman semua orang. Namun terkadang hal-hal tak terduga sering terjadi tanpa kita sadari. Salah satu yang kerap terjadi yakni noda aspal yang menempel pada mobil Anda akibat perbaikan jalan. Noda aspal pada mobil ini tentu akan sangat mengganggu pemandangan.

Aspal adalah suatu bahan bentuk padat atau setengah padat berwarna hitam sampai coklat gelap, bersifat perekat (cementious) yang akan melembek dan meleleh bila dipanasi. Aspal tersusun terutama dari sebagian besar bitumen yang kesemuanya terdapat dalam bentuk padat atau setengah padat dari alam atau hasil pemurnian minyak bumi, atau merupakan campuran dari bahan bitumen dengan minyak bumi atau derivatnya.

Noda Aspal pada Mobil

Mobil yang sering kali melewati jalan di Indonesia yang lebih banyak menggunakan aspal, resiko terkena noda aspal sangat tinggi. Biasanya baru ketahuan noda aspal di mobil yang tak ikut larut dengan air cucian yaitu berbentuk bintik-bintik yang muncul di sisi bawah bodi mobil. Noda aspal tersebut sekilas tersamarkan oleh kotoran lain, seperti debu.

Namun jangan khawatir jika Anda mengalami hal seperti itu. Pasalnya ada jasa poles bodi yang bisa membersihkan atau dapat dilakukan sendiri untuk menghilangkan noda membandel tersebut, tanpa harus repot-repot keluar rumah.

Tips Hilangkan Noda Aspal di Mobil

Sebenarnya mudah dan tidak perlu repot untuk menghilangkan noda aspal di mobil. Bahannya pun mudah didapat dan tak sulit mencarinya. Berikut ulasannya.

1. Menggunakan Cairan Pembersih Karat

Kita bisa gunakan cairan pembersih karat atau sejenisnya seperti WD-40, STP, Rexco, dll.

Pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran yang menempel pada bodi mobil yang terkena noda aspal agar dapat melihat dengan jelas noda aspal yang tersamarkan oleh kotoran.

Kemudian, semprotkan cairan WD-40 pada bagian bodi yang terkena noda aspal dan diamkan beberapa saat sampai cairan meresap ke dalam noda aspal. Untuk noda membandel, cukup lakukan tahapan yang sama sekali lagi.

Bila dirasa sudah meresap, usap perlahan hingga noda aspal terlepas dari bodi.  Jangan mengusap sambil menekan ke permukaan bodi, karena hal ini bisa membuat cat pada mobil tergores.

2. Menggunakan minyak kayu putih

Meskipun tidak sekuat cairan pembersih karat, namun kita bisa menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan noda aspal di bodi mobil jika tidak punya cairan WD-40 di rumah.

Lakukan hal sama seperti diatas yaitu mengoleskan minyak kayu putih di noda aspal, diamkan dan usap perlahan. Namun kemampuan minyak kayu putih tidak seperti WD-40 oleh karena itu harus bersabar ketika menggunakannya dan mengulangi lagi beberapa tahapan sampai noda menghilang.

3. Menggunakan sabun dan minyak tanah

Anda hanya perlu menyiapkan sabun cuci dan minyak tanah. Kemudian keduanya dicampur dengan air dan diaduk rata dengan perbandingan volume yang sama.

Setelah itu tinggal digosok dengan pelan-pelan pada bagian yang terkena aspal dengan menggunakan spon. Yang perlu diperhatikan tentu jangan menggosok terlalu keras karena dapat merusak cat dan bodi.

4. Menggunakan Cairan Tar Removal

Menggunakan cairan Tar Removal merupakan cara yang paling ampuh dibandingkan cara-cara di atas. Namun tidak semua toko menjual cairan pembersih ini sehingga sulit didapat. Paling mudah mendapatkannya adalah melalui pembelian online.

Kita cukup mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada botol, sehingga noda aspal yang membandel pun bisa segera hilang. Selain itu dibanding kedua cairan di atas, Tar Removal dibuat dengan kemampuan yang spesifik sehingga akan lebih memudahkan menghilangkan noda aspal di bodi mobil.

Selamat mencoba menghilangkan noda aspal di mobil.

 

Tips Hilangkan Noda Aspal pada Mobil

Recommended For You

About the Author: Kanal Oto

Turut berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *