Ciri-Ciri Mobil Bekas

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Bekas yang Masih Normal

Kanal Otomotif. Kesehatan mesin mobil bekas memiliki peran penting, namun banyak orang yang mengabaikannya. Pemilik cenderung menggunakannya tanpa mempedulikan perawatan, ada servis rutin namun servis ini dilakukan pada interval tertentu. Sedangkan mesin mobil bekas harus dijaga setiap hari.

Namun ada sebagian pemilik mobil yang sangat memperhatikan setiap detail termasuk kesehatan mesin mobil bekasnya. Tentunya pada mobil bekas kita ingin membeli dengan label mesin mobil bekas yang sehat. Namun beberapa mobil yang dijual justru karena mesin Mobil Bekas yang sudah bermasalah.

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Bekas yang Masih Normal

Sebelum terjadi hal tersebut, berikut kami bagikan ciri-ciri untuk mengenali mobil bekas yang masih bagus dan normal.

Kebersihan Mesin

Kebersihan merupakan hal pertama yang dapat mengindikasikan adanya masalah mesin mobil bekas. Coba perhatikan pada komponen yang terlihat kotoran dan kerak, biasanya pada komponen kepala silinder akan terdapat beberapa titik yang sulit untuk dibersihkan. Bintik-bintik ini bisa berasal dari uap baterai yang mengenai kepala silinder.

Perhatikan Komponen Terkoneksi

Pada mesin mobil bekas terdapat berbagai macam sistem diantaranya sistem pendingin dan sistem kemudi. Coba perhatikan semua sambungan antara selang untuk kebocoran. Kebocoran ini secara visual bisa muncul dalam bentuk rembesan. Apabila kondisi semua persendian kering pada mesin mobil bekas, tidak terjadi kebocoran cairan mesin dan hal tersebut dapat menjadi indikasi karakteristik mesin mobil yang sehat.

Perhatikan Batang Minyak

Pemeriksaan ini menghasilkan dua hal yaitu kualitas oli dan volume oli. Cabut steker oli dari mesin mobil bekas dan perhatikan tetesan oli yang terbawa, jika kondisi oli cukup hitam menandakan oli mesin mobil bekas sudah lama tidak diganti.

Cari Rembesan Cairan Pada Mesin

Selain kebocoran selang, penyambungan komponen mesin mobil bekas juga perlu diperhatikan. Area di sekitar sambungan kepala silinder dan penutup, serta penutup depan mesin berpotensi bocor. Selain itu, perhatikan bagian bawah mesin mobil bekas di area oil pan (charter). Komponen ini juga sering bocor oli mesin.

Apa Saja Ciri-Ciri Mobil Bekas yang Masih Normal?

Nyalakan Mesin

Untuk memastikannya lagi, coba nyalakan mesin mobil bekas anda. Jika mesin mobil bekas masih sehat, dalam sekali hidup mesin bisa langsung menyala. Jika diperlukan beberapa kali permulaan, ini bisa menunjukkan masalah kebocoran kompresi.

Dengarkan Suara Mesin

Bunyi mesin mobil bekas yang sehat cenderung tidak berisik dan stabil, jika ada suara yang kasar dapat menandakan adanya masalah seperti kebocoran kompresi atau timing chain longgar. Kedua masalah ini adalah masalah inti mesin, jadi akan cukup merepotkan untuk memperbaiki masalah seperti ini.

Perhatikan Asap Kendaraan

Untuk mesin mobil bekas yang sehat, asapnya akan menjadi jelas. Jika ada emisi berupa asap hitam atau putih bisa mengindikasikan kerusakan mesin. Asap hitam dapat mucul sebab ada kerusakan sistem bahan bakar atau injektor. Asap putih tersebut disebabkan oli mesin yang masuk dan terbakar di ruang bakar.

Siapkan Cairan Pembersih

Langkah pertama yang harus disiapkan oleh pemilik mobil adalah agen pembersih khusus mesin mobil bekas, yang digunakan untuk menjaga kebersihan dan keawetan mesin di dalam mobil. Cairan pembersih ini bisa didapatkan di toko perlengkapan mobil khusus. Sekian ulasan tentang ciri-ciri mobil bekas yang masih normal, semoga dapat dijadikan referensi dalam memilih Mobil Bekas.

 

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Bekas yang Masih Normal 

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *