Motor Boros BBM

Penyebab Pemborosan Bahan Bakar Motor dan Solusinya

Kanal Otomotif.  Sepeda motor yang kita pakai setiap hari merupakan hal penting yang harus kita jaga agar selalu nyaman dan awet dalam pemakaiannya. Hal ini wajib kita lakukan untuk memperpanjang umur sepeda motor tersebut, dan pada akhirnya mengurangi anggaran yang seharusnya tidak dikeluarkan.

Motor Boros BBM

Selain perawatan rutin dari motor itu sendiri, hal lain yang perlu kita hindari adalah pemakaian yang berakibat borosnya bahan bakar yang digunakan. Sehingga menambah bujet yang harus dikeluarkan, untuk itu anda harus tahu kenapa tentang Pemborosan Bahan Bakar pada motor, serta cara mengatasinya.

Pengaturan Karburator Salah

Jika komponen karburator salah seting antara seting udara dan bensin membuat suara motor terlalu keras atau terlalu kecil untuk disetel, hal ini bisa menyebabkan motor boros bahan bakar karena setingannya tidak lambat. Hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengatur ulang antara saluran masuk udara dan bensin di pengaturan Karburator.

Karburator Kotor

Masih soal karburator, kalau masalah di atas adalah setting untuk ini, terkait dengan kebersihan di karburator. Karburator yang kotor dapat menyebabkan mesin motor bekerja tidak maksimal, karena hasil pembakaran di ruang bakar terisi zat-zat kotor dari bahan bakar.

Hal ini menyebabkan banyak bahan bakar terbakar sia-sia karena adanya sisa pembakaran. Cara mengatasinya adalah membersihkan komponen Kaburator secara berkala setiap bulan atau setiap kali sudah digunakan dalam waktu yang lama.

Busi kotor

Busi yang kotor membuat pengapian tidak sempurna sehingga menimbulkan banyak bahan bakar yang terbuang percuma karena terjadi proses kompresi pada saluran busi, hal ini dipastikan akan membuat motor boros bahan bakar. Cara mengatasinya adalah selalu membersihkan komponen busi setiap kali diservis dan menggantinya dengan busi yang baru bila rusak atau terlalu kotor.

Apa Saja Penyebab Pemborosan Bahan Bakar Motor dan Solusinya?

Membuka / Menarik Gas Secara Spontan

Yang suka main gas dengan membuka gas secara spontan dan diulang terus menerus selama perjalanan dengan motor, hal ini menyebabkan motor lebih boros bahan bakar. Katup bensin yang terbuka secara spontan dan tinggi menyebabkan katup bensin pada karburator terbuka besar sehingga aliran bensin bertambah.

Solusi yang bisa dilakukan agar motor tidak lagi boros adalah dengan membiasakan untuk tidak membuka gas secara spontan dan tetap membuka gas secara perlahan dan lembut.

Rem Terlalu Rapat

Hal ini menyebabkan putaran roda menjadi kencang dan bobot putaran menjadi lebih berat, sehingga kerja mesin semakin berat dan pengemudi akan membuka gas lebih tinggi untuk mendapatkan kecepatan yang diinginkannya, padahal penyebab berat putaran roda tersebut berasal dari gesekan rel yang terlalu kuat. Cara mengatasinya adalah dengan mengatur ulang ikatan rem yang membuat putaran roda menjadi berat.

Tekanan Ban Lebih Sedikit

Selain beberapa poin diatas, hal ini juga dapat menyebabkan motor mengalami pemborosan bahan bakar karena tekanan ban yang kurang sehingga menyebabkan beban motor semakin berat. Solusinya adalah selalu cek tekanan angin agar performa motor selalu baik.

Silahkan dicek penyebab motor boros bahan bakar, apakah termasuk motor anda juga, dan cari solusinya agar motor tidak mengeluarkan bahan bakar terlalu banyak. Sekian ulasan tentang penyebab Pemborosan Bahan Bakar pada motor dan solusinya, semoga bermanfaat.

 

Penyebab Pemborosan Bahan Bakar Motor dan Solusinya

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *