Membeli Mobil Matic Bekas

Panduan Membeli Mobil Matic Bekas

Kanal Otomotif – Mobil dengan transmisi otomatis semakin dilirik oleh pembeli mobil bekas. Terutama pembeli perkotaan. Fenomena tersebut terlihat dari tingginya permintaan mobil dua pedal di showroom mobil bekas.

Banyaknya peminat automatik nampaknya banyak dipengaruhi oleh kondisi lalu lintas perkotaan yang padat. Pasalnya, mobil matic terbukti relatif lebih nyaman dan praktis saat dioperasikan dalam kondisi lalu lintas padat. Apalagi bagi mereka yang sehari-harinya memiliki mobilitas tinggi.

Mobil Matic Bekas

Nah, sebelum anda memutuskan untuk membeli Mobil Matic Bekas, ada beberapa fakta yang perlu anda ketahui, simak terus ulasan dibawah ini.

Harga Jual Lebih Murah

Hal ini terjadi pada mobil automatik tua alias mobil era 90-an atau awal 2000-an. Harga murah, awalnya karena peminat otomatis lebih sedikit daripada manual. Selain itu, ada pula anggapan bahwa mobil matic tua memiliki resiko kerusakan yang lebih besar dari pada mobil manual.

Namun belakangan ini terjadi perkembangan yang menarik. Untuk mobil automatik yang berumur lebih muda alias relatif baru harga jualnya tidak jauh berbeda dengan mobil manual. Hal ini tampaknya didorong oleh semakin banyaknya minat terhadap mobil matic belakangan ini.

Biaya Perawatan Mahal

Di kalangan penyuka mobil bekas, masih ada anggapan mendalam bahwa perawatan mobil matic akan lebih mahal. Anggapan ini tidak salah fatal, terutama untuk mobil yang berusia di atas 10 tahun. Padahal, pada mobil matic tua, dibutuhkan perawatan khusus. Pemilik harus benar-benar mengetahui potensi masalah yang muncul seiring bertambahnya usia.

Pastikan Sistem Transmisi Normal

Komponen terpenting dari sebuah mobil matic tentunya adalah sistem transmisinya. Masalahnya, seiring bertambahnya usia dan penggunaan kendaraan, sistem transmisi ini mulai membutuhkan perhatian ekstra. Karena jika terjadi kerusakan, biaya dijamin membebani kantong.

Untuk itu, sebelum melamar mobil automatik, pastikan kondisi transmisi dalam kondisi baik. Jika perlu, libatkan mekanik yang biasanya menangani transmisi otomatis. Jika ingin lebih yakin, bawa saja mobil yang akan anda beli ke bengkel transmisi otomatis untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Tentu dengan izin pemiliknya.

Apa Saja Panduan Membeli Mobil Matic Bekas?

Ada Perawatan Tambahan

Saat pertama kali membeli mobil automatik, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Terutama harus memperbarui jenis cairan pelumas, yakni oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan. Tindakan ini dirasa perlu karena kita tidak pernah mengetahui sejarah mobil tersebut dan tidak ada catatan servis rutin dari bengkel resmi. Jadi, tindakan ini tentu saja menimbulkan biaya tambahan.

Pahami Jenis Transmisi Mobil

Kita tahu ada empat jenis transmisi matik yang beredar di pasaran, yakni matik konvensional, CVT, kopling ganda, dan transmisi manual otomatis. Masing-masing tentunya memiliki ciri khas tersendiri yang mempengaruhi kondisinya setelah beberapa tahun digunakan. Selama ini CVT lebih unggul untuk kenyamanan.

Namun untuk ketahanan pemakaian setelah beberapa tahun, automatik konvensional terbukti lebih bisa diandalkan. Penting untuk mengenali jenis transmisi ini karena jenis transmisi setiap jenis mobil bisa berbeda-beda. Bahkan dalam satu merek, bisa berbeda di setiap generasi.

Karena melibatkan lebih banyak komponen dan mekanismenya lebih rumit, wajar saja jika transmisi matic butuh perhatian ekstra. Apalagi dengan bertambahnya usia kendaraan dan pemakaiannya, besar kemungkinannya ada potensi kerusakan atau keausan. Sekian ulasan tentang tips membeli Mobil Matic Bekas, semoga bermanfaat.

 

Panduan Membeli Mobil Matic Bekas

Kanal Info Otomotif

About the Author: Kanal Oto

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *